Sukses

AS Akan Kirim Bantuan 750 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 untuk Taiwan

AS mengirimkan bantuan dosis vaksin COVID-19 untuk Taiwan.

Liputan6.com, Taipei - Amerika Serikat akan menyumbangkan 750.000 dosis vaksin COVID-19 ke Taiwan sebagai bagian dari rencana untuk berbagi dosis vaksin secara global, Senator AS Tammy Duckworth mengatakan pada Minggu (6/6).

AS menawarkan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi Taiwan untuk memerangi pandemi COVID-19.

Melansir Channel News Asia, Minggu (6/6/2021), Taiwan sedang menghadapi lonjakan kasus domestik dan speerti banyak negara lain, juga mengalami kekurangan vaksin. Hanya sekitar 3 persen dari 23,5 juta orang yang telah divaksinasi, dengan sebagian besar hanya mendapatkan suntikan pertama dari dua yang dibutuhkan.

Berbicara di bandara Songshan di pusat kota Taipei setelah tiba dalam kunjungan singkat dengan sesama Senator Dan Sullivan dan Christopher Coons, Duckworth mengatakan Taiwan akan menerima 750.000 dosis sebagai bagian dari tahap pertama sumbangan AS.

"Sangat penting bagi Amerika Serikat bahwa Taiwan dimasukkan dalam kelompok pertama yang menerima vaksin karena kami menyadari kebutuhan mendesak Anda dan kami menghargai kemitraan ini," katanya pada konferensi pers. 

Dia tidak memberikan rincian vaksin mana yang akan didapat Taiwan atau kapan vaksin tersebut akan diterima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Terima Kasih Taiwan

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu berterima kasih kepada Amerika Serikat atas sumbangan dan pesan dukungan yang kuat dari kunjungan para senator.

"Sementara kami melakukan yang terbaik untuk mengimpor vaksin, kami harus mengatasi hambatan untuk memastikan bahwa obat-obatan yang menyelamatkan jiwa ini dikirim bebas dari masalah dari Beijing," katanya.

China telah menawarkan vaksin buatan China kepada Taiwan, tetapi pemerintah telah berulang kali menyatakan keprihatinan tentang keamanannya, dan dalam hal apa pun tidak dapat mengimpornya tanpa mengubah undang-undang Taiwan yang melarang impornya.

Para senator juga akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen untuk membahas masalah keamanan dan lainnya.

Senator dan anggota kongres AS mengunjungi Taiwan secara rutin di waktu normal, tetapi datang di tengah peningkatan infeksi di pulau itu ketika perbatasannya sebagian besar tetap tertutup bagi pengunjung adalah bentuk dukungan yang kuat.

Tidak seperti biasanya, mereka juga tiba dengan pesawat kargo C-17 Globemaster III Angkatan Udara AS, bukan jet pribadi seperti yang biasanya dilakukan oleh pengunjung senior AS.

Kedatangan bantuan vaksin untuk Taiwan semakin meningkat.

Jepang juga mengirimkan 1,24 juta dosis vaksin virus corona AstraZeneca ke Taiwan secara gratis.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.