Joe Biden Akan Kunjungi Eropa untuk Pulihkan Aliansi

Oleh Liputan6.comNatasha Khairunisa Amani pada 05 Jun 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 05 Jun 2021, 07:00 WIB
FOTO: Joe Biden Sampaikan Capaian 100 Hari Kepemimpinannya di Kongres AS
Perbesar
Presiden Joe Biden berpidato didampingi Wakil Presiden Kamala Harris dan Ketua DPR Nancy Pelosi di Kongres, US Capitol, Washington, Amerika Serikat, Rabu (28/4/2021). Pidato pertama Joe Biden di depan Kongres kali ini khusus hanya untuk undangan. (Melina Mara/The Washington Post via AP, Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Eropa akhir pekan mendatang.

Perjalanan itu akan menjadi lawatan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat sebagai Presiden AS, menurut pengumuman dari Gedung Putih pada Kamis (3/6).

Biden, yang Dilantik sebagai presiden AS pada 20 Januari lalu, akan bertemu dengan para pemimpin dunia di Inggris, Belgia dan Swiss dalam kunjungannya pada 10-16 Juni 2021.

"Perjalanan ini akan menyoroti komitmen Amerika untuk memulihkan aliansi, merevitalisasi hubungan transatlantik, dan bekerja sama erat dengan sekutu dan mitra multilateral untuk mengatasi tantangan global dan mengamankan kepentingan Amerika dengan lebih baik," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir VOA Indonesia, Sabtu (4/6/2021).

Dalam kunjungannya ke Inggris pada 10 Juni mendatang, Biden akan bertemu dengan Perdana Menteri Boris Johnson, sekaligus menghadiri KTT G-7 pada 11-13 Juni 2021 di Cornwall.

Kemudian pada 13 Juni, Biden dijadwalkan bertemu Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor sebelum melanjutkan perjalanan ke Brussels, Belgia, untuk menghadiri KTT NATO pada 14 Juni, sebagai upaya "menegaskan komitmen Amerika Serikat terhadap NATO, keamanan transatlantik, dan pertahanan kolektif," kata Psaki.

Lawatan ke Belgia Hingga Swiss

AS Setop Perjalanan dari Eropa
Perbesar
Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)

Biden juga akan melakukan perjalanan ke Brussel, Belgia dan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan "untuk membahas berbagai masalah bilateral dan regional" dan berpartisipasi dalam KTT AS-Uni Eropa pada 15 Juni. 

KTT itu merupakan pertemuan di mana para pemimpin akan membahas keamanan dalam kesehatan internasional, pemulihan ekonomi global, perubahan iklim dan hal-hal lain.

Biden juga akan bertemu dengan Raja Belgia Philippe dan Perdana Menteri Alexander De Croo.

Adapun kunjungan ke Swiss, "di mana ia (Biden) dijadwalkan mengadakan pertemuan puncak bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 16 Juni," menurut Psaki.

Biden juga akan bertemu dengan Presiden Swiss Guy Parmelin dan Menteri Luar Negeri Ignazio Cassis. 

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah COVID-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓