Coba Posisikan Kepala di Bawah, 5 Perubahan Baik Ini Bakal Terjadi

Oleh Liputan6.com pada 04 Jun 2021, 20:40 WIB
Diperbarui 04 Jun 2021, 20:40 WIB
Menghina Tinggi Badan dengan Menjadikannya Bahan Ejekan
Perbesar
Ilustrasi Memiliki Postur Tubuh yang Tinggi Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Posisi tubuh menggantung terbalik memang pada awalnya terlihat menakutkan, namun terapi inversi ini sejatinya dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan Anda. 

Sebuah teori menunjukkan, dengan membalikkan tubuh Anda sedemikian rupa sehingga kaki Anda berada di atas kepala, hal ini memungkinkan Anda untuk membalikkan efek gravitasi pada tubuh.

Menurut penelitian Bright Side, yang dikutip Jumat (4/6/2021), terdapat 5 perubahan positif bagi kesehatan yang bisa terjadi jika Anda mulai mempraktikkannya. Berikut ulasanya:

1. Tidur yang Lebih Nyenyak

Mengubah Posisi Tidur
Perbesar
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda mengalami hari yang penuh stres dan Anda kesulitan untuk tertidur, mungkin cobalah inversi. Saat Anda terbalik, diyakini ketegangan otot Anda berkurang, membuat tubuh rileks, dan lebih mudah tertidur.

Jika pikiran Anda rileks dan tenang, Anda juga akhirnya mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan bangun dengan perasaan segar dan siap untuk hari Anda.

2. Merasa Lebih Berenergi dan Tidak Terlalu Lelah

Ilustrasi inspirasi, motivasi, semangat
Perbesar
Ilustrasi inspirasi, motivasi, semangat. (Photo by Sammie Chaffin on Unsplash)

Secara umum, pose membalikkan tubuh dapat meningkatkan fokus dan mengurangi kelelahan. Mereka melakukannya dengan meningkatkan kadar oksigen dan melepaskan endorfin, seperti dopamin dan serotonin.

Posisi terbalik juga memungkinkan lebih banyak aliran darah mencapai otak, menghasilkan peningkatan energi dan stamina mental.

3. Merasa Lebih Fokus

Orang Produktif Fokus Pada Satu Pekerjaan, Orang Sibuk Berusaha Multitasking
Perbesar
Ilustrasi Fokus Pada Pekerjaan Credit: pexels.com/pixabay

Metode pembalikan tubuh itu sebenarnya dapat meningkatkan aliran darah ke otak, memberikan lebih banyak oksigen dan meningkatkan fungsi otak kita semua sambil meningkatkan konsentrasi, memori, dan pemikiran yang jernih, yang menghasilkan suasana hati yang lebih baik.

Hal ini juga dapat merangsang pembilasan racun.

4. Mengurangi Sakit Punggung

Membuat Persendian Menjadi Kaku Sampai Nyeri Punggung Bagian Bawah
Perbesar
Ilustrasi Nyeri Punggung Credit: pexels.com/pixabay

Sakit punggung sangat umum dan dapat memiliki banyak penyebab. Jika Anda pernah mengalaminya, Anda tahu betapa frustasinya itu.

Menurut penelitian, ditemukan bahwa setelah 8 minggu terapi inversi, rasa sakitnya berkurang secara signifikan. Selain itu, juga meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan. Jadi, jika Anda merasa telah mencoba banyak hal tanpa hasil, mungkin cobalah yang satu ini.

5. Pencernaan Lebih Lancar

Ilustrasi pencernaan atau perut
Perbesar
Ilustrasi pencernaan atau perut (Sumber: Pixabay/derneumann)

Terakhir, Anda mungkin tahu tubuh kita memiliki tugas rumit karena harus mendorong materi melalui sistem pencernaan melawan gravitasi. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa inversi terbalik dapat membantu pergerakan limbah melalui usus besar.

Pastikan untuk tidak terbalik setelah Anda baru saja makan.

Reporter: Lianna Leticia

Lanjutkan Membaca ↓