Sukses

7 Hal Unik dalam Etika Menggunakan Toilet di Sejumlah Negara

Di setiap negara ternyata memiliki fakta unik mengenai tata cara penggunaan kamar mandi, salah satunya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Etiket menggunakan kamar mandi di setiap negara bisa berbeda, seperti ketika Anda datang ke Korea, misalnya, beberapa hal mungkin membuat Anda takjub atau kaget. 

Bahkan cara beberapa orang mencuci tangan bisa jadi tidak biasa dan alih-alih dispenser, Anda mungkin melihat perangkat aneh dengan sabun di toilet umum.

Melansir Bright Side, inilah 7 fakta dan kebiasaan toilet khusus di negara lain yang jarang kita ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Toilet Umum di Jepang Memiliki Tombol Darurat

Beberapa toilet umum di Jepang memiliki fitur yang sangat berguna — tombol darurat . Terkadang orang asing mengacaukannya dengan tombol flush. Ini mengirimkan alarm ke keamanan untuk memeriksa kios. Ini adalah perangkat yang sangat baik untuk populasi lanjut usia yang mungkin membutuhkan bantuan.

3 dari 8 halaman

2. Ada Sistem Bernama Sound Princess di Jepang

Beberapa wanita Jepang dapat merasa malu karena mereka dapat didengar oleh orang lain saat berada di toilet. Untuk mengurangi tekanan ini dan menutupi suara, para insinyur menciptakan perangkat yang menghasilkan suara pembilasan air tanpa perlu pembilasan yang sebenarnya, sehingga tidak ada pemborosan air.

4 dari 8 halaman

3. Banyak Tempat di China yang Masih Memiliki Toilet Jongkok

Banyak daerah di China memiliki toilet jongkok tradisional , terutama toilet umum.

Meskipun demikian, blogger mengatakan bahwa wisatawan juga memiliki pilihan untuk duduk. Beberapa orang mengalami kesulitan dengan keseimbangan dalam posisi jongkok yang sangat sulit saat naik kereta China

5 dari 8 halaman

4. Toilet di Kamboja Memiliki Selang Semprot

Toilet Kamboja memiliki beberapa fitur.

Pertama, toilet umum adalah hal yang langka. Kedua, Anda perlu membuang kertas toilet bekas ke dalam keranjang karena banyak sistem pembuangan kotoran tidak dapat menangani kertas toilet. Ketiga, mereka memiliki semprotan selang di kamar mandi yang digunakan untuk mencuci diri dan menyiram toilet.

6 dari 8 halaman

5. Toilet Semua Jenis Kelamin di AS, Kanada, Jepang, dan Thailand

Toilet umum ini dibuat untuk berbagai kalangan dengan atau tanpa kebutuhan khusus, termasuk penyandang disabilitas, lansia, dan transgender. Ini juga sangat berguna bagi orang tua yang perlu membantu anak mereka menggunakan toilet.

7 dari 8 halaman

6. Orang-orang di Antartika Menggunakan Toilet Portabel

Traveler berbagi bahwa ada tenda khusus untuk toilet di Antartika. Anda mungkin menemukan toilet khusus untuk buang air kecil dan besar. Toilet kotoran portabel dan dapat membungkus dan menyegel limbah Anda dalam kantong plastik.

Toilet portabel khas Jepang cukup menarik, setelah menyelesaikan urusan Anda "Anda perlu menekan tombol untuk menutup tas. Dibutuhkan 2 menit untuk menyelesaikan proses penyegelan. Kemudian Anda menyimpan tas kotoran Anda di tempat sampah.

8 dari 8 halaman

7. Di Indonesia Menggunakan Tangan Kiri untuk Toilet dan Tangan Kanan untuk Makan

Di beberapa budaya, orang membagi tangan untuk kebersihan dan untuk makan, salah satunya Indonesia. 

Kita sudahlah tidak asing dengan anggapan bahwa tidak sopan jika kita menyerahkan sesuatu kepada mereka dengan tangan kiri karena dianggap sebagai "tangan kiri" untuk menyeka kotoran saat di kamar mandi, sedangkan tangan kanan untuk persembahan dan aktivitas makan.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.