UE-KFW Jerman Tandatangani MoU Bantuan Riset Penanganan COVID-19 di Indonesia

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 02 Jun 2021, 12:10 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 12:38 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan HRVP UE Josep Borell dalam press conference yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI pada Rabu (2/6/2021). (Photo credit: Kemlu RI Via Zoom)
Perbesar
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan HRVP UE Josep Borell dalam press conference yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI pada Rabu (2/6/2021). (Photo credit: Kemlu RI Via Zoom)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan HRVP Uni Eropa, Josep Borrell di Jakarta dan menyaksikan penandatanganan MoU antara UE dengan KfW Jerman mengenai hibah tambahan sebesar EUR 10 juta kepada proyek KfW Jerman.

"Kita baru saja menyaksikan penandatanganan MoU antara UE dengan KfW Jerman mengenai hibah tambahan sebesar EUR 10 juta kepada proyek KfW Jerman yang akan disalurkan untuk memperkuat kapasitas dua university hospital di Sulawesi Selatan dan Jawa Timur dalam riset terkait penanganan COVID-19 dan pandemi lainnya di masa mendatang," kata Menlu Retno, dalam press conference virtual yang juga dihadiri oleh HRVP Uni Eropa, Josep Borrell, pada Rabu (2/6/2021).

Menlu Retno menyampaikan, bahwa Uni Eropa adalah salah satu mitra penting Indonesia.

Ia membeberkan, bahwa pada tahun 2020, Uni Eropa merupakan mitra dagang ketiga terbesar, dengan nilai USD 25,5 miliar, dan investor terbesar keenam, dengan nilai USD 1,9 miliar dalam hampir 7.000 proyek.

"Indonesia dan UE memiliki banyak kesamaan nilai: demokrasi, HAM, dan multilateralisme," jelas Menlu Retno.

"Ini adalah pondasi kuat kerja sama Indonesia-Uni Eropa," tambahnya.

"Pondasi yang kokoh ini juga membantu upaya kita menyelesaikan perbedaan-perbedaan pandangan dalam beberapa isu. Kita berkomitmen meletakkan kemitraan kita untuk tujuan strategis jangka panjang yang saling menguntungkan," imbuh Menlu Retno.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

HRVP Uni Eropa Josep Borrell Akan Bertemu Presiden Jokowi

Ilustrasi bendera Uni Eropa (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Uni Eropa (AFP Photo)

HRVP Uni Eropa, Josep Borrell sedang melakukan kunjungan ke Jakarta dan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Rabu (2/6).

Menlu Retno mengatakan, bahwa pertemuan kali ini bukan pertemuan kali pertama dengan HRVP Josep Borell.

Sebelumnya, Menlu Retno sering melakukan komunikasi via telepon dengan HRVP Josep Borell yang membahas soal berbagai isu kawasan dan internasional.

Namun, " ini adalah kunjungan pertama beliau ke Indonesia sejak dilantik tahun 2019," kata Menlu Retno.

HRVP Josep Borrell juga akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI Joko Widodo, pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua Komisi I DPR RI.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah COVID-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓