Sukses

Dubes Heri Akhmadi Minta WNI di Jepang Jadikan Pancasila Sebagai Alat Pemersatu

Duta Besar Heri Akhmadi menjelaskan Pancasila merupakan jiwa Indonesia yang tidak hanya menjadi dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia.

Liputan6.com, Tokyo - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi beserta staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, bersama-sama Kepala Perwakilan Bank Indonesia dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Tokyo telah mengikuti secara virtual upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri.

Upacara ini dipimpin langsung secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Bogor.

Duta Besar Heri Akhmadi menjelaskan Pancasila merupakan jiwa Indonesia yang tidak hanya menjadi dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia (WNI). 

"Perumusan Pancasila oleh para founding fathers kita itu berangkat dari kemajemukan masyarakat Indonesia. Tidak sekadar hanya menjadi dasar negara semata tetapi juga menjadi pedoman harian hubungan antar manusia dalam bingkai persatuan dan kesatuan Indonesia," tegas Dubes Heri Akhmadi. Kelahiran Pancasila sebagai ideologi negara lanjut Dubes Heri Akhmadi, ditujukan sebagai jalan hidup masyarakat Indonesia. 

Kepada WNI di Jepang Heri Akhmadi mengingatkan, agar menjadikan Pancasila sebagai alat pemersatu kerukunan antar WNI selama tinggal di Jepang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersinergi di tengah pandemi COVID-19

Usai upacara, Dubes Heri Akhmadi beramah-tamah dengan perwakilan BUMN yang berada di Jepang.

Dalam acara yang juga dihadiri Wakil Duta Besar RI Tri Purnajaya dan masing-masing kepala bidang serta atase teknis KBRI Tokyo, Dubes Heri Akhmadi meminta agar memperkuat hubungan baik dan kepercayaan dengan Pemerintah dan pihak swasta Jepang.

Hal ini menurut Heri Akhmadi sangat diperlukan dalam mendukung sinergi upaya pemulihan ekonomi Indonesia di tengah kondisi pandemi Covid-19 melalui kerja sama erat dengan Jepang di berbagai bidang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.