Sukses

Ahli Khawatir Gletser di Gunung Anyemaqen Runtuh Akibat Gempa Magnitudo 7,4

Seorang insinyur senior mengatakan bahwa bironya telah mengirimkan sejumlah peneliti untuk memeriksa gletser dan danau es di gunung itu pascagempa di Qinghai China yang terjadi pada 22 Mei lalu.

Liputan6.com, Qinghai - Gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Provinsi Qinghai, China barat laut, lebih dari sepekan yang lalu. Beruntung tidak mengakibatkan peluruhan gletser di Gunung Anyemaqen di provinsi tersebut.

Denikian menurut biro eksplorasi geologis lingkungan Qinghai.

Deng Xiaofei, seorang insinyur senior di biro tersebut, mengatakan bahwa bironya telah mengirimkan sejumlah peneliti untuk memeriksa gletser dan danau es di gunung itu pasca-gempa yang terjadi pada 22 Mei lalu.

"Tim peneliti telah memeriksa 38 titik gletser yang rentan longsor. Tidak ada peluruhan es terjadi, dan tidak ada bencana sekunder seperti pembentukan danau yang terbendung," kata Deng seperti dikutip dari Xinhua, Senin (31/5/2021).

Gletser di Gunung Anyemaqen sangat penting untuk memantau perubahan iklim dan lingkungan geologis Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. Peluruhan gletser terjadi di gunung tersebut pada 2004 dan 2007 silam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Melukai Sejumlah Orang

Gempa bumi bulan ini, yang mengguncang wilayah Maduo di Prefektur Otonom Etnis Tibet Golog, dilaporkan melukai sejumlah orang. 18 orang tercatat luka-luka.

Sementara itu gempa tersebut juga memengaruhi kehidupan lebih dari 32.000 warga di 26 kota di Golog dan Prefektur Otonom Etnis Tibet Yushu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Gempa China

  • Gempa Bumi