Sukses

1 Juni 1980: Jaringan Berita 24 Jam Pertama di Dunia, CNN Diresmikan

Pada 1 Juni 1980, CNN diresmikan dari markasnya di Atlanta, Georgia, AS.

Liputan6.com, Atlanta - Cable News Network (CNN) diluncurkan pada 1 Juni 1980 dengan cerita utama tentang percobaan pembunuhan pemimpin hak-hak sipil Vernon Jordan.

Dikutip dari History, Senin (31/5/2021), CNN menjadi jaringan berita televisi 24 jam pertama di dunia dengan markas di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS).

CNN kemudian mengubah anggapan bahwa berita hanya dapat diberitakan pada waktu-waktu tertentu saja. Pada saat peluncuran CNN, berita TV didominasi oleh tiga jaringan utama -- ABC, CBS, dan NBC.

Tiga jaringan tersebut memiliki durasi siaran 30 menit setiap malam untuk berita.

Yang awalnya tersedia hanya untuk dua juta rumah di AS, hari ini CNN dapat dikonsumsi oleh 90 juta rumah tangga di AS dan lebih dari 370 juta secara internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendiri CNN

CNN awalnya adalah gagasan dari Robert 'Ted' Turner. Seorang pengusaha yang dijuluki "Mulut Selatan" karena sifatnya yang blak-blakan.

Turner lahir pada 19 November 1938 di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat (AS), dan pindah bersama keluarganya ke Georgia saat masih anak-anak di mana ayahnya menjalankan perusahaan periklanan papan reklame yang sukses.

Setelah ayahnya meninggal karena bunuh diri pada 1963, Turner mengambil alih bisnis dan mengembangkannya.

Pada 1970, ia membeli stasiun TV Atlanta yang gagal menyiarkan film-film lama dan tayangan ulang jaringan. Dalam beberapa tahun, ia berhasil mengubahnya menjadi "superstation" -- sebuah konsen yang ia rintis, di mana stasiun tersebut dipancarkan oleh satelit ke rumah-rumah di selurhu negeri.

Turner kemudian membeli tim bisbol Atlanta Braves dan tim bola basket Atlanta Hawks dan menyiarkan permainan mereka di jaringannya, TBS (Turner Broadcasting System).

Turner mendapatkan ketenaran internasional pada 1977 saat ia melayarkan yacht-nya untuk meraih kemenangan dalam perlombaan Piala Amerika yang bergengsi.

Dalam tahun-tahun pertama operasinya, CNN kehilangan uang dan diejek sebagai 'Jaringan Mie Ayam'. Walau begitu, Turner tetap berinvestasi dalam membangun biro berita jatingan di seluruh dunia dan pada 1983, ia membeli 'Satelite News Channel'-- yang sebagian dimiliki oleh ABC-- demikiran berhasil menyingkirkan pesaing utama CNN.

Akhirnya, CNN dikenal di seluruh dunia dan sering kali mengalahkan jaringan utama.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini