Top 3: Malaysia Total Lockdown Jadi Sorotan

Oleh Tommy Kurnia pada 29 Mei 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2021, 20:00 WIB
ilustrasi Malaysia.
Perbesar
ilustrasi Malaysia. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Perdana Menteri Malaysia resmi mengumumkan total lockdown di seluruh wilayah negaranya. Total lockdown ini akan berlangsung pada 1 hingga 14 Juni 2021. 

Selama total lockdown, bisnis-bisnis tak diperkenankan beroperasi, kecuali yang bersifat esensial. Kebijakan ini diambil karena angka kasus COVID-19 harian yang tinggi.

Kabar lockdown di Malaysia menjadi berita yang paling disorot pembaca isu global di Liputan6.com, Sabtu (29/5/2021). 

Masih terkait COVID-19, jemaah haji dari Singapura harus kembali bersabar, pasalnya mereka belum berkesempatan menunaikan ibadah haji 2021. 

Ada pula kabar rakyat Myanmar yang kesulitan membeli bahan pangan setelah kudeta militer. 

Berikut daftar beritanya:

1. Malaysia Total Lockdown

Malaysia Lockdown Nasional hingga 31 Maret 2020
Perbesar
Sejumlah warga mengenakan masker karena kekhawatiran penyebaran virus corona COVID-19 di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/3/2020). Malaysia memberlakukan lockdown nasional karena melonjaknya jumlah kasus virus corona COVID-19. (Syaiful REDZUAN/AFP)

Pemerintah Malaysia resmi menetapkan total lockdown pada 1-14 Juni 2021. Lockdown ini bersifat maksimal dan semua sektor berhenti kecuali ekonomi yang bersifat esensial. 

Berdasarkan keterangan resmi kantor Perdana Menteri Malaysia, Jumat (28/5), lockdown ini merupakan penutupan penuh sektor sosial dan ekonomi di seluruh wilayah. Saat ini, Malaysia memang sudah lockdown, tetapi sektor ekonomi masih boleh beroperasi.

Baca selengkapnya...

2. Muslim Singapura Kembali Gagal Berangkat Ibadah Haji

ibadah haji di tengah pandemi COVID-19
Perbesar
Sejumlah jemaah saling jaga jarak saat melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram saat melakukan rangkaian ibadah haji di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Karena pandemi virus corona COVID-19, pemerintah Arab Saudi hanya membolehkan sekitar 10.000 orang. (AP Photo)

Umat muslim Singapura harus kembali menunda ibadah haji tahunan mereka ke Makkah hingga tahun depan karena pandemi COVID-19, demikian dijelaskan oleh Islamic Religious Council of Singapore (Muis) atau Dewan Agama Islam Singapura.

Sekelompok ulama senior Singapura yang mengeluarkan aturan dan pedoman agama, juga telah bertemu untuk membahas masalah tersebut dan mendukung penangguhan karena alasan kesehatan dan keselamatan, tambah Muis. 

Baca selengkapnya...

3. Jutaan Warga Myanmar Kesulitan Beli Bahan Pangan

Warga Myanmar mengantre bantuan makanan.
Perbesar
Dalam foto yang diambil pada 21 Mei 2021 ini, orang-orang menunggu untuk menerima kantung beras yang didistribusikan oleh Program Pangan Dunia (WFP) sebagai bagian dari upaya bantuan pangan untuk mendukung warga yang tinggal di komunitas miskin di pinggiran Yangon. (Foto: AFP / STR)

Aye Mar duduk bersama tujuh anaknya di dapur mereka di Yangon dan khawatir apakah makanan mereka yang terdiri dari nasi dan sayuran berserat - yang dia mampu beli di Myanmar yang dilanda kudeta - akan memuaskan rasa lapar mereka.

Ekonomi dan sistem perbankan nasional telah lumpuh sejak perebutan kekuasaan militer yang mendorong pemimpin sipil Aung San Suu Kyi lengser pada Februari. 

Baca selengkapnya...

 

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓