Sukses

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Fungsi Deodoran Kurang Efektif

Ketiak masih bau walau sudah menggunakan deodoran? Cekbeberapa kesalahan paling umum yang dilakukan saat menggunakan deodoran.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, banyak orang yang mengandalkan deodoran untuk mencegah keringat dan bau yang dihasilkannya. Namun, tidak mengetahui perbedaan antara produk ini dan antiperspiran, serta tidak mengetahui cara menggunakannya dengan benar, dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak menyenangkan. 

Pernahkah terjadi pada Anda bahwa, meskipun mandi setiap hari dan memakai deodoran, Anda akhirnya menjadi berbau tidak sedap?

Menurut Bright Side, Kamis (27/5/2021), hal ini disebabkan oleh beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan saat menggunakan deodoran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anda Memakainya Karena Mengira Itu Antiperspiran

Hal pertama yang harus selalu Anda ingat adalah bahwa deodoran dan antiperspiran adalah 2 produk yang sangat berbeda. 

Deodoran dianggap kosmetik dan dimaksudkan untuk menekan atau setidaknya mengendalikan bau tak sedap. Kebanyakan deodoran hanya akan menutupi bau tidak sedap. Mereka biasanya berbahan dasar alkohol dan, bila dioleskan, menyebabkan kulit menjadi asam. Apa yang dilakukan pada dasarnya adalah membuat kulit menjadi lingkungan yang kurang menarik bagi bakteri, yang bertanggung jawab atas bau tak sedap.

Di sisi lain, antiperspiran tidak digunakan untuk menutupi bau, tetapi untuk menghentikan Anda dari berkeringat. Faktanya, mereka diatur sebagai obat di beberapa negara, termasuk AS, karena dimaksudkan untuk mempengaruhi fungsi tubuh tertentu. Beberapa bahan aktif yang digunakan untuk membuatnya termasuk garam aluminium, yang untuk sementara waktu menyumbat pori-pori keringat, sehingga mengurangi jumlah keringat.

3 dari 7 halaman

2. Memakai Produk yang Tidak Memenuhi Kebutuhan Anda

Produk yang ingin Anda pilih akan bergantung pada kebutuhan harian Anda. Jika pada siang hari Anda tidak terlalu aktif secara fisik, Anda sebaiknya memilih deodoran, yang biasanya bertahan sekitar 8 jam. Tetapi jika hari Anda lebih berat, mungkin lebih baik menggunakan antiperspiran. 

Efeknya dapat bertahan selama 24 hingga 72 jam, dan secara khusus dibuat untuk orang yang rentan berkeringat banyak, mereka yang terpapar emosi kuat atau suhu tinggi, dan mereka yang melakukan aktivitas atletik.

Jika Anda, karena alasan apa pun, memiliki kulit sensitif di ketiak dan mengalami iritasi di ketiak, aplikasi sesekali adalah yang terbaik.

Ingatlah bahwa ada banyak produk berbeda di luar sana, termasuk antiperspiran yang juga merupakan deodoran. Ini pada dasarnya akan melakukan 2 pekerjaan pada saat yang sama, yaitu mereka akan mencegah keringat dan membantu menutupi bau.

4 dari 7 halaman

3. Terlalu Banyak Memakai Deodoran

Bergantung pada jenis produk yang Anda kenakan, rekomendasi mengenai seberapa banyak Anda harus mengenakannya, mungkin berbeda-beda. 

Jika Anda menggunakan deodoran aerosol, semprotkan dengan jarak 15 sentimeter dari ketiak Anda. Anda dapat menentukan berapa banyak deodoran yang akan digunakan sesuai dengan indikasi produsen semprotan favorit Anda. 

Namun, para ahli menyarankan untuk tidak menyemprotkan deodoran terlalu banyak sehingga Anda terjebak dalam kabut asap. Itu hanya karena tidak diperlukan: sebagai aturan praktis, menyemprot setiap ketiak selama sekitar 2 detik sudah cukup.

Jika deodoran Anda adalah roll-on, gulingkan di atas ketiak Anda beberapa kali untuk mendapatkan cakupan yang merata. Jika Anda lebih suka tongkat, Anda hanya perlu menerapkannya 2 hingga 3 kali dan selesai!

5 dari 7 halaman

4. Menggunakannya Segera Setelah Mencukur Bulu Ketiak

Setelah Anda mencukur bulu ketiak, sebaiknya tunggu sebentar sebelum menggunakan produk lain, termasuk deodoran.

Menerapkannya ke kulit yang baru dicukur dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Selalu pastikan untuk membiarkan kulit Anda beristirahat sebentar untuk mengurangi kemungkinan iritasi akibat penggunaan produk ini.

6 dari 7 halaman

5. Memakai Kain Sintetis pada Hari-hari Panas

Mengenakan pakaian yang ketat, terutama pakaian yang ketat di ketiak, dapat menyebabkan noda di ketiak pada pakaian Anda. Tidak hanya itu, tetapi ini mungkin membuat Anda lebih banyak berkeringat.

Jadi sebagai gantinya, selama hari-hari musim panas, coba kenakan pakaian longgar yang terbuat dari kain bernapas, seperti katun, linen, dan campuran anti lembab. Ini terutama benar jika Anda rentan terhadap keringat berlebih.

Mengenakan pakaian yang sesuai akan membuat tubuh Anda tetap sejuk sekaligus mencegah bau tak sedap akibat keringat.

7 dari 7 halaman

6. Memakai Pakaian yang Sama Lebih dari Sekali

Jika Anda berencana mengenakan kemeja favorit Anda lagi tanpa mencucinya, Anda mungkin perlu mempertimbangkannya lagi. Meskipun benar bahwa Anda tidak perlu mencuci semua pakaian setiap kali Anda memakainya, Anda harus memperhitungkan bahwa bau dapat diserap oleh kain ini.

Jika karena alasan apa pun Anda cenderung berkeringat deras di siang hari, Anda mungkin perlu mencuci pakaian lebih sering. Anda juga bisa mengenakan kaos lengan pendek di bawah pakaian untuk menutupi ketiak dan mencegah bau tak sedap menyebar ke lapisan luar.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.