Sukses

Plastik Sekali Pakai Bakal Dilarang dalam Penerbangan China

Penggunaan plastik sekali pakai, di antaranya kantong kemasan, peralatan makan, dan sedotan plastik bakal segera dilarang dalam penerbangan domestik China.

Liputan6.com, Jakarta - China bakal segera menerapkan larangan penggunaan plastik sekali pakai. Di antaranya kantong kemasan, peralatan makan, dan sedotan plastik.

Rencananya akan diberlakukan dalam penerbangan domestik mulai tahun depan, demikian disampaikan oleh Administrasi Penerbangan Sipil China pada Rabu 26 Mei 2021.

Mengutip Xinhua, Kamis (27/5/2021), bandara dengan output tahunan sedikitnya 2 juta penumpang juga akan berhenti menyediakan produk-produk semacam itu tahun depan.

Selain itu, larangan bakal diperluas hingga mencakup seluruh bandara serta penerbangan penumpang internasional pada 2023 mendatang, kata administrasi tersebut.

Menurut rencana tersebut, larangan itu merupakan bagian dari rencana lima tahun Administrasi Penerbangan Sipil China dalam mengendalikan polusi plastik. Pada 2025, jumlah konsumsi plastik sekali pakai yang tidak dapat terurai (non-degradable) dalam industri penerbangan sipil akan menurun tajam dari level pada 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada Sebelumnya

Sebelumnya, sejumlah maskapai penerbangan di China telah memulai transisi hijau atau ramah lingkungan.

Beberapa perusahaan telah memutuskan untuk mengganti peralatan makan plastik sekali pakai dengan bahan yang dapat didaur ulang. Selain itu juga melakukan uji coba pemilahan sampah di dalam pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.