Top 3: Penjelasan Lengkap Soal Gerhana Bulan Bikin Penasaran

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 27 Mei 2021, 09:32 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 09:32 WIB
Penampakan Gerhana Bulan Total di Penjuru Dunia
Perbesar
Bulan purnama yang sebagian gerhana terlihat tepat sebelum terbenam di belakang Holocaust Memorial di Montevideo, Uruguay pada Rabu (26/5/2021). (Mariana SUAREZ / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Bulan Total yang terjadi pada 26 Mei 2021 merupakan fenomena sains spesial yang terjadi hanya 195 tahun sekali. Hal ini lantaran Gerhana Bulan terjadi bertepatan dengan Super Moon. 

Penjelasan lengkap soal Gerhana Bulan Total ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Global Liputan6.com edisi Kamis (27/5/2021). 

Informasi menarik lainnya adalah terkait fakta-fakta Gerhana Bulan Total. Mulai dari fenomena pertama yang terjadi dalam dua tahun hingga dapat dilihat dari seluruh dunia, fakta menarik lainnya juga menjadi sorotan. 

Masih seputar Gerhana Bulan Total, artikel lain yang juga menjadi sorotan adalah mitor-mitos yang muncul soal Gerhana Bulan

Simak ketiga artikel paling banyak dibaca oleh pembaca Liputan6.com di kanal Global edisi Kamis (27/5/2021):

1. Terjadi 26 Mei 2021, Simak Penjelasan Lengkap Soal Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total
Perbesar
Gerhana bulan total (dok.Instagram/@bosschaobservatory/https://www.instagram.com/p/CPPzO53nf0T/Komarudin)

Fenomena sains Gerhana Bulan Total akan terjadi pada 26 Mei 2021. Fenomena ini pun menjadi salah satu fenomena astronomi yang terjadi pada tahun 2021 dan dikenal sebagai 'Super Flower Blood Moon.'

Namun, apa sebenarnya arti dari Gerhana Bulan Total itu sendiri?

Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini...

2. 5 Fakta Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Super Blood Moon hingga Bima Sakti Muncul

Gerhana Bulan Total di Jakarta
Perbesar
Foto fenomena gerhana bulan total di kota Jakarta, Sabtu (28/7). Gerhana bulan total "Micro Blood Moon" tersebut merupakan yang terlama pada abad ini dengan total waktu termasuk fase penumbra dan parsial selama enam jam lebih. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gerhana Bulan Total (GBT) yang juga disebut Blood Moon puncaknya bakal muncul pada 26 Mei 2021. Gerhana Bulan Total kali ini juga disebut Super Flower Blood Moon Eclipse. 

Sebutan Super Blood Moon karena bulan tampak berwarna agak oranye kemerahan dan karena bulan purnama, satelit Bumi akan tampak sangat besar juga.

Baca informasi lengkapnya di sini...

3. 8 Mitos Soal Gerhana Bulan, Vampir hingga Ramalan Kiamat

[Bintang] Niat dan Tata Cara Salat Gerhana Bulan Total
Perbesar
Ilustrasi gerhana bulan total. (Foto: Bambang E.Ros)

Gerhana Bulan Total (GBT) bakal menghiasi langit malam sejumlah negara termasuk salah satunya Indonesia. Kali ini fenomena tersebut dikenal dengan Super Blood Moon, karena bulan tampak berwarna agak oranye kemerahan dan karena bulan purnama, satelit Bumi akan tampak sangat besar juga.

Lainnya menyebut Gerhana Bulan Total itu dengan Super Flower Blood Moon Eclipse.

Selengkapnya di sini...

Lanjutkan Membaca ↓