Sukses

Kapal Tenggelam di Nigeria, 4 Orang Tewas dan 156 Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 150 orang masih hilang di barat laut Nigeria setelah sebuah kapal tenggelam di Sungai Niger pada Rabu 16 Mei.

Kapal tersebut diketahui kelebihan muatan - mengangkut penumpang yang berada dalam perjalanan ke pasar.

Kapal itu sedang melakukan perjalanan antara negara bagian tengah Niger dan Wara di negara bagian Kebbi barat laut ketika tenggelam, menurut keterangan dari manajer lokal Otoritas Saluran Air Pedalaman Nasional Nigeria, Yusuf Birma.

"Kapasitas kapal tidak sampai 180 penumpang," kata Birma, seperti dilansir AFP, Kamis (27/5/2021).

"Seperti yang kami terangkan, ada 20 orang yang telah diselamatkan, empat dikonfirmasi tewas, sementara 156 orang lainnya masih hilang dan mereka diyakini berada di dalam air," terang Birma.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menanggapi kecelakaan kapal itu, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Namun, pernyataan Presiden Buhari tidak menyebutkan jumlah korban dalam kecelakaan tersebut secara resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapal Diketahui Tak Bisa Angkut Lebih dari 80 Orang

Birma mengatakan bahwa para penumpang kapal sedang menuju ke pasar di Malele di wilayah Borgu di negara bagian Niger, ketika kapal tenggelam satu jam dalam perjalanan.

"Kapal yang dimaksud adalah perahu kayu yang sudah tua dan kondisinya sangat lemah terapi orang-orang ini (nakhoda) tidak mau mendengarkan ketika kami memberitahu mereka untuk mengurangi jumlah penumpang yang mereka bawa di perahu itu," jelasnya.

Administrator distrik setempat, Abdullahi Buhari Wara sebelumnya menyebut kecelakaan itu terjadi karena kelebihan muatan, karena kapal itu dimaksudkan untuk mengangkut tidak lebih dari 80 penumpang.

Kapal itu juga memuat karung pasir dari tambang emas, menurut Wara.

Awal bulan ini, 30 orang tenggelam ketika sebuah kapal yang kelebihan muatan terbalik di negara bagian Niger.

Kapal yang mengangkut 100 pedagang lokal itu terbelah hingga dua bagian selama badai ketika hendak kembali dari pasar lokal, menurut pejabat setempat.

Niger adalah sungai utama di Afrika Barat yang mengalir dalam bentuk bulan sabit melalui Guinea ke Delta Niger di Nigeria, dan merupakan rute perdagangan lokal utama untuk beberapa negara.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.