Sukses

27 Mei 2016: Barack Obama Cetak Sejarah Jadi Presiden AS Pertama ke Hiroshima

Barack Obama mencetak sejarah di Jepang. Ia menjadi Presiden AS pertama yang mengunjungi Kota Hiroshima.

Liputan6.com, Hiroshima - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mencetak sejarah di Jepang. Ia menjadi Presiden AS pertama yang mengunjungi Kota Hiroshima.

Kota tersebut merupakan satu dari 2 tempat yang hancur akibat bom atom yang dijatuhkan AS pada Perang Dunia II.

Di Hiroshima, Obama menyebut kunjungannya didasari alasan kuat. Yaitu untuk mendukung program dunia bebas senjata nuklir.

"Kunjungan saya merupakan kesempatan untuk kembali membulatkan komitmen senjata nuklir tak lagi dibutuhkan di dunia," sebut Obama seperti dikutip dari Sky News.

"Lawatan ini juga adalah bukti kuat peristiwa paling menyakitkan bisa dijembatani. Untuk tidak lagi terjadi,"sambung Barack Obama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Maaf Atas Nama Amerika Serikat kepada Jepang

Meski demikian, Obama sama sekali tidak meminta maaf atas tindakan yang disebabkannya negaranya tersebut. Dia hanya mengakui, bahwa kejadian itu telah menyebabkan kesedihan berkepanjangan.

Amerika Serikat adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah menggunakan senjata nuklir dalam pertempuran.

"Yang terpenting saya datang ke sini adalah untuk mengingat dan menghormati jutaan nyawa yang hilang akibat Perang Dunia II," papar Obama.

"Hiroshima mengingatkan kita, tak peduli penyebab atau negara yang terlibat, tragedi itu menyebabkan banyak warga sipil yang menderita dan kehilangan," jelas Obama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.