Upaya Pemerintahan Joe Biden Lindungi Warga Myanmar di AS

Oleh Natasha Khairunisa AmaniLiputan6.com pada 27 Mei 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 10:00 WIB
FOTO: Demonstran Myanmar Lakukan Aksi Mogok, Kota Yangon Sunyi Sepi
Perbesar
Suasana jalanan yang kosong di samping Pagoda Shwedagon, Yangon, Myanmar, Rabu (24/3/2021). Demonstran menyerukan "silent strike" sebagai protes terhadap kudeta militer di Myanmar. (AFPTV/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggolongkan warga Myanmar sebagai Status Terlindung Sementara atau Temporary Protected Status (TPS).

Hal itu diputuskan setelah hampir empat bulan setelah kudeta di Myanmar yang memicu aksi yang diwarnai kekerasan dan kekacauan di negara tersebut.

Dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (27/5/2021) pemerintahan Biden juga mengizinkan mereka dilindungi dari deportasi dan memperoleh izin kerja.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS (Departement of Homeland Security/DHS) mengumumkan sekitar 1.600 warga Burma yang tinggal di Amerika sejak 11 Maret bisa memperoleh status terlindung itu.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tinjauan Menyeluruh

Demi Lindungi Demonstran, Biarawati Myanmar Berlutut di Depan Polisi Bersenjata
Perbesar
Para pengunjuk rasa mengambil bagian dalam demonstrasi menentang kudeta militer di Myitkyina di negara bagian Kachin Myanmar (8/3/2021). Bentrokan warga anti kudeta militer dengan aparat keamanan Myanmar masih terus berlangsung. (AFP/STR)

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Alejandro Mayorkas mengatakan bahwa "Akibat kudeta militer dan kekerasan brutal pasukan keamanan terhadap warga sipil, rakyat Birma menderita krisis kemanusiaan yang kompleks dan semakin buruk di banyak bagian negara itu."

"Keputusan tentang Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma, datang setelah dilakukan tinjauan menyeluruh dari situasi genting ini," tambahnya.

Sebelumnya, PBB telah mengecam pemimpin militer Myanmar yang merebut kekuasaan dalam kudeta pada Februari 2021 dan sejak itu telah melancarkan penumpasan secara intensif terhadap demonstran prodemokrasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓