Sukses

Aturan Baru, Texas Izinkan Warganya Miliki Senjata Tanpa Izin

Legislator Texas mengizinkan warganya untuk memiliki senjata tanpa izin.

Liputan6.com, Jakarta - Legislator Texas telah mengesahkan undang-undang yang memungkinkan kebanyakan orang membawa senjata api tersembunyi tanpa izin.

Aturan negara bagian saat ini mengharuskan mereka yang membawa senjata api memiliki lisensi, pelatihan, dan pemeriksaan latar belakang. Tetapi senat yang dikelola Partai Republik di Texas telah memilih untuk mencabut pembatasan, meskipun ada peringatan dari kelompok pengawas senjata bahwa tindakan tersebut dapat berbahaya.

Mengutip BBC, Rabu (26/5/2021), para pendukung mengatakan langkah-langkah baru itu akan memungkinkan orang Texas untuk membela diri dengan lebih baik di depan umum.

RUU tersebut telah dikirim ke Gubernur Greg Abbott, yang mengatakan dia akan menandatanganinya menjadi undang-undang.

Texas memiliki beberapa undang-undang senjata paling longgar di AS dan sudah mengizinkan senapan untuk dibawa ke tempat umum tanpa izin. 

Tindakan baru tersebut akan memungkinkan siapa pun yang berusia 21 atau lebih untuk membawa pistol kecuali mereka memiliki hukuman pidana atau batasan hukum sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dinilai Bantu Bela Diri

Para pendukung aturan baru, yang sering dikenal sebagai "carry konstitusional", mengatakan bahwa mereka akan memungkinkan orang Texas untuk lebih membela diri di depan umum dan menghapus batasan yang tidak perlu pada hak konstitusional untuk memiliki senjata.

"Ini adalah pemulihan sederhana dari hak konstitusional warga Texas di bawah Amandemen Kedua, hak rakyat untuk memegang dan memegang senjata," kata Senator negara bagian Charles Schwertner, seorang Republikan.

Kritikus mengatakan RUU itu berpotensi membahayakan nyawa. 

Beverly Powell, seorang senator Demokrat, menyuarakan masalah keamanan dari beberapa kelompok penegak hukum yang menentang RUU tersebut.

"Jika saya duduk di restoran dengan seorang pria atau wanita yang memiliki sarung di sisi mereka dan pistol di dalamnya, saya ingin tahu bahwa orang itu sangat terlatih dalam penggunaan senjata itu," katanya.

3 dari 3 halaman

Marak Penembakan Massal

Kelompok pengawas senjata menunjuk pada penembakan massal di Texas dalam beberapa tahun terakhir.

Dua insiden penembakan yang terjadi pada Agustus 2019 menewaskan 30 orang, penembakan di sebuah sekolah menengah pada tahun 2018 menyebabkan 10 orang tewas dan 27 orang tewas dalam penembakan di sebuah gereja pada tahun 2017. 

RUU tersebut masih memungkinkan bisnis untuk melarang senjata di properti mereka dan menyimpan pemeriksaan latar belakang federal untuk beberapa pembelian senjata.

Setelah memberikan suara 18-13 di senat pada Senin (24/3), RUU itu sekarang akan diserahkan kepada Abbott, yang telah mengindikasikan bahwa dia akan menandatanganinya menjadi undang-undang.

"Kita harus memiliki 'konstitusi' di Texas," katanya kepada radio lokal bulan lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.