Top 3: Waktu Munculnya Puncak Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 Terpopuler

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 26 Mei 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 26 Mei 2021, 09:35 WIB
Gerhana Bulan Total di Berbagai Negara
Perbesar
Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di atas langit Tel Aviv, Israel,, Jumat (27/7). Gerhana bulan terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (AP/Ariel Schalit)

Liputan6.com, Jakarta - Puncak gerhana Bulan total akan terjadi pada Rabu 26 Mei 2021, dan terlihat hampir di seluruh Indonesia.

Berita tentang jadwal puncak gerhana Bulan total pada 26 Mei menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Rabu (26/5/2021).

Berita populer lainnya membahas tentang LAPAN menggelar lomba foto gerhana Bulan super blood Moon pada 26 Mei.

Adapun berita yang paling disorot lainnya, yaitu pasangan dari India yang memilih untuk menikah dalam penerbangan.

Hal itu dilakukan pasangan tersebut untuk menghindari pelanggaran aturan protokol kesehatan COVID-19.

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com:

1. Puncak Gerhana Bulan Total 26 Mei Terlihat Hampir di Seluruh Indonesia, Cek Jadwalnya

Gerhana Bulan Total di Berbagai Negara
Perbesar
Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di Luzern, Swiss, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Christian Merz/Keystone via AP)

Gerhana Bulan total terjadi pada Rabu 26 Mei 2021. Selama gerhana yang dikenal sebagai 'Super Flower Blood Moon' ini berlangsung, warna Bulan akan berubah menjadi merah bata.

Saat puncak gerhana Bulan total terjadi, hampir seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikannya. Gerhana Bulan Total ini dapat dilihat jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana. 

Gerhana Bulan selalu terjadi pada saat purnama. Namun tidak setiap purnama terjadi gerhana Bulan karena bidang orbit Bulan membentuk sudut 5 derajat terhadap ekliptika atau sama artinya bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari.

 

Baca selengkapnya....

2. Gerhana Bulan Super Blood Moon 26 Mei, LAPAN Gelar Lomba Foto

Gerhana Bulan Total di Berbagai Negara
Perbesar
Bulan berwarna merah darah terlihat di atas Menara Petronas saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (28/7). Gerhana bulan terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (AP/Yam G-Jun)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyambut datangnya gerhana bulan total merah super (super blood moon) dengan menggelar livestream dan lomba fotografi. Pemenang akan mendapat miniatur pesawat N219.

Untuk mengikuti lomba, peserta diajak memfollow Instagram @lapan_ri untuk membaca aturan lengkap. Super blood moon akan terjadi pada Rabu 26 Maret 2021, dan deadline pengiriman foto adalah 27 Mei 2021 sebelum tengah malam.

Peserta boleh menggunakan kamera DSLR, mirrorless, pocket, maupun smartphone.

 

Baca selengkapnya....

3. Hindari Aturan Darat COVID-19, Pasangan dari India Pilih Menikah di Udara

Ilustrasi pesawat.
Perbesar
Ilustrasi pesawat. (dok. epicantus/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Sepasang kekasih dari Madurai, India memilih untuk menikah di udara menggunakan maskapai penerbangan lantaran takut melanggar aturan protokol kesehatan COVID-19 jika pernikahan dilakukan di darat.

Foto pasangan itu menjadi viral di media sosial pada Senin, (24/5/2021).

"Persetujuan untuk pernikahan ini diambil sebagai bagian perjalanan yang menyenangkan," kata juru bicara SpiceJet dalam sebuah pernyataan, demikian dikutip dari laman Hindustan Times, Selasa (25/5/2021).

 

Baca selengkapnya....

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓