Sukses

Arab Saudi Batasi Pengeras Suara Masjid karena Dianggap Mengganggu

Arab Saudi menilai pengeras suara masjid mengganggu orang sekitar, seperti orang tua dan anak-anak.

Liputan6.com, Riyadh - Pemerintah Arab Saudi mengatur pengeras suara (external loudspeaker) di luar masjid karena suaranya dianggap bisa mengganggu, baik itu kepada rumah-rumah sekitar, pasien, lansia, hingga anak-anak.

Pegawai masjid lantas diminta untuk membatasi penggunaan pengeras suara untuk azan dan iqamat saja. Ada ancaman sanksi bila dilanggar, demikian laporan Saudi Gazette, Selasa (25/5/2021). 

Aturan itu dikeluarkan oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan. Di dalamnya juga mengatur volume pengeras suara masjid haruslah sepertiga dari volume maksimum. 

Argumen dari pemerintah adalah suara imam cukup didengar oleh yang di dalam masjid saja. Suara dari pengeras suara masjid juga dianggap tidak sesuai akidah apabila mengganggu orang-orang sekitar. 

Lantas bagaimana pengajian di masjid? Apakah juga tak boleh pakai loudspeaker? Berikut penjelasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengajian Juga Tak Boleh Pakai Loudspeaker

Aturan pengeras suara ini juga berlaku bagi pengajian di masjid.

Pemerintah Saudi berargumen bahwa jika ada acara pengajian disiarkan keras-keras dengan loudspeaker, tetapi justru tidak disimak, maka itu malah tidak menghormati Al-Quran.

Selain itu, ulama salafi Sheikh Muhammad bin Saleh Al-Othaimeen juga disebut pernah mengimbau agar loudspeaker eksternal dipakai untuk azan dan iqamat saja.

Fatwa serupa juga diberikan oleh Dr. Saleh Al-Fowzan yang merupakan anggota Council of Senior Scholars.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.