Sukses

Mengenal Tai Tzu-ying, Ratu Bulu Tangkis Dunia Asal Taiwan yang Dijuluki Ahli Tipuan

Kisah perjalanan Tai Tzy-ying, pebulutangkis putri yang saat ini menduduki peringkat "No.1 di dunia" dalam jumlah poin dan mendapat julukan Ratu Buku Tangkis Dunia.

Liputan6.com, Taipei - Tai Tzu-ying, pemain asal Taiwan yang memenangkan kejuaraan tunggal putri terbanyak di turnamen super bulu tangkis (super 500 keatas) dalam sejarah.

Selain memenangkan kejuaraan tunggal, Tzu-ying juga memegang rekor poin tertinggi di tunggal putri Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation, BWF).

Penggemar bulu tangkis Indonesia sudahlah tidak asing lagi dengannya, pebulutangkis putri yang saat ini menduduki peringkat "No.1 di dunia" dalam jumlah poin ini, tidak hanya memiliki gelar master saja, tetapi juga berhasil melanjutkan studi gelar doktor. Ia adalah "juara olahraga" yang menekuni bidang olahraga dan akademis secara bersamaan, Tai Tzu-ying dari Taiwan.

Ayah Tai Tzu-ying suka bermain bulu tangkis di waktu senggang, oleh sebab itu lapangan bulu tangkis adalah taman hiburan bagi Tai Tzu-ying dan adiknya saat mereka masih kecil.

Di bawah pengaruh terbiasa melihat sejak kecil, Tai Tzu-ying mulai bermain bulu tangkis sejak kelas tiga SD. Ia memenangkan juara grup kedua dari Turnamen Bulutangkis Nasional Taiwan saat kelas enam SD.

Tai Tzu-ying mulai mengikuti kompetisi internasional pada usia 15 tahun. Ikut Olimpiade untuk pertama kalinya di usia 18 tahun dan memenangkan juara Turnamen Super pertama kali dalam karirnya. Dia disebut sebagai "gadis jenius" berkat hasil gemilangnya.

"Gaya permainan Tai Tzu-ying yang paling mengesankan adalah berbagai gerakan tipuan di lapangan yang sering kali mengecoh lawan mainnya berlari ke arah yang salah, atau langsung terdiam di tempat tanpa mampu menyelamatkan bola," demikian seperti tertuang dalam keterangan tertulis perwakilan Taiwan di Indonesia, TETO, Selasa (25/5/2021).

Sebenarnya, awal ketika Tai Tzu-ying mulai mendapat latihan formal bulu tangkis, banyak pelatih yang mencoba membenahi gerakannya yang tidak formal ini, namun Tai Tzu-ying bersikeras dengan cara permainannya sendiri.

Dia tidak sependapat bahwa setiap pemain harus mengikuti pola yang telah ditetapkan, yang membuatnya dijuluki "Ahlinya Tipuan" dan "Pesulap Lapangan".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karir Turnamen Tai Tzu-ying Tidak Selalu Mulus

Karier turnamen Tai Tzu-ying tidak selalu berjalan mulus, dia juga pernah mengalami frustrasi dan menyalahkan diri sendiri karena mengalami kekalahan. Namun Tai Tzu-ying percaya bahwa setiap kekalahan akan menjadi bekal untuk kemenangan di masa depan. Dia mengasah kemampuannya dengan terus-menerus meninjau tayangan ulang permainan serta mengintrospeksi kesalahan.

Bagi Tai Tzu-ying, musuh terbesar bukanlah lawan main yang di sisi lain gawang, melainkan dirinya sendiri. Tidak peduli berapa banyak kegagalan dan frustasi, Tai Tzu-ying selalu memompa semangat dengan motto "percaya pada diri sendiri."

Tahukah Anda? bahwa tato "ular" di lengan kiri Tai Tzu-ying adalah zodiak ayahnya, dan empat huruf mandarin "percaya pada diri sendiri" yang ditulis sendiri oleh ayahnya!

Dalam beberapa tahun terakhir, Tai Tzu-ying terus menerus menempa semangat juang ketika bertanding dan menorehkan banyak prestasi luar biasa. 

Pada 2018, ia mewakili Taiwan di Asian Games yang diadakan di Indonesia dan memenangkan medali emas bulu tangkis pertama dalam sejarah Asian Games Taiwan di final tunggal putri.

Pada 2019, ia menyamai rekor 20 juara Turnamen Super yang diraih oleh pemain putri Cina Wang Yihan. Memenangkan kejuaraan tunggal putri di All England Badminton Open 2020 yang ketiga kalinya.

Selain mencetak rekor terbanyak (21 juara) Turnamen Super untuk tunggal putri, di minggu berikutnya dalam pengumpulan poin mengungguli pemain China Chen Yufei, lima kali berada di posisi teratas bulu tangkis dunia, dan sampai saat ini merajai tunggal putri BWF dengan perolehan poin tertinggi.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Disiplin Meski Pencapaiannya Tinggi

Torehan ini membuat Tai Tzu Ying julukan "ratu bulu tangkis" memperpanjang rekornya dalam jumlah pekan terbanyak nomor satu untuk pemain tunggal putri, membuat "rintangan si kecil Tai" semakin sulit untuk dikalahkan.

Pencapaian gemilang yang diraih Tai Tzu-ying tidak membuatnya menjadi sombong, ia tetap disiplin, tidak bergadang, mengikuti jadwal latihan dengan teratur, menjaga kebugaran fisik dan kesehatan, serta berusaha untuk menjaga dirinya dalam kondisi terbaik.

Pebulutangkis terkenal Indonesia Jonatan Christie pernah memuji kemampuan olah raga Tai Tzu-ying, alasannya karena tubuh si kecil Tai yang padat kuat dan perut six-pack Tai Tzu-ying membuatnya terkesan!

Tai Tzu-ying telah datang berkali-kali ke Indonesia untuk bertanding. Ia sangat terkesan dengan sorakan meriah dari para penggemar Indonesia.

Semoga pandemi bisa segera mereda sehingga turnamen bulu tangkis internasional bisa berjalan dengan lancar.

Lain kali saat Tai Tzu-ying datang kembali ke Indonesia untuk bertanding, teman-teman Indonesia ingat untuk memberikan lambaian tangan dan bersorak padanya, yakinlah si kecil Tai juga akan membalas dengan senyuman lebar!

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.