Sukses

Peringati Setahun Kematian George Floyd, Keluarga dan Pendukungnya Gelar Pawai

Anggota keluarga dan pendukung George Floyd menggelar pawai dalam rangka memperingati kematiannya.

Liputan6.com, Jakarta - Para pendukung dan kerabat seorang pria berketurunan Afrika-Amerika George Floyd berbaris pada Minggu 23 Mei 2021, menjelang peringatan pertama pembunuhannya oleh seorang polisi kulit putih. Kejadian tersebut menjadi insiden pembunuhan yang mendorong perhatian akan ketidakadilan rasial di Amerika Serikat.

Sekitar 1.500 demonstran di Minneapolis mendengarkan pidato dan bergabung dengan anggota keluarga Floyd dan kerabat orang kulit hitam lainnya yang tewas akibat ulah polisi.

Melansir Channel News Asia, Senin (24/5/2021), Floyd (46) tewas pada 25 Mei 2020 oleh petugas polisi kota, Derek Chauvin, yang berlutut di lehernya selama lebih dari sembilan menit.

Chauvin, yang dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan, akan dijatuhi vonis hukumannya pada 25 Juni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pidato dari Keluarga

Unjuk rasa dibuka dengan pidato di luar Pusat Pemerintah Kabupaten Hennepin di pusat Minneapolis, tempat Chauvin diadili.

"Ini merupakan tahun yang panjang. Tahun yang menyakitkan. Ini sangat membuat saya dan keluarga saya frustrasi," kata saudara perempuan Floyd, Bridgett Floyd, pada pertemuan itu.

Ia mengatakan bahwa hidupnya berubah "dalam sekejap mata" ketika kakaknya meninggal.

"Saya akan berdiri dan menjadi suara untuknya," katanya. 

"Saya akan berdiri dan menjadi perubahan untuknya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.