Sukses

Kelompok Masyarakat China-Amerika Gugat Donald Trump Terkait COVID-19

Donald Trump digugat oleh kelompok hak-hak sipil China-Amerika atas penggunaannya atas istilah "virus China", "virus Wuhan" dan "virus Kung Flu" selama pandemi virus corona COVID-19.

Liputan6.com, DC - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang digugat oleh kelompok hak-hak sipil China-Amerika atas penggunaannya atas istilah "virus China", "virus Wuhan" dan "virus Kung Flu" selama pandemi virus corona COVID-19.

Menurut dokumen pengadilan (PDF) yangdiposting secara online, Koalisi Hak Sipil Amerika China, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di New York, mengajukan gugatan terhadap Trump pada hari Kamis 20 Mei 2021.

Menurut gugatan itu, pernyataan Trump selama pidato dan postingnya di media sosial selama pandemi menyebabkan orang China dan Asia Amerika "tertekan secara emosional" dan menyebabkan peningkatan dalam kekerasan yang termotivasi secara rasial terhadap komunitas-komunitas ini di seluruh negeri, demikian dikutip dari Al Jazeera, Minggu (23/5/2021).

"Perilaku terdakwa yang ekstrem dan keterlaluan memang telah menyebabkan anggota organisasi Penggugat dan sebagian besar orang Asia Amerika mengalami tekanan emosional dan mengakibatkan tren kekerasan rasial yang meningkat terhadap orang Amerika Cina dan Amerika Asia dari New York ke California."

Salah satu insiden kekerasan tertinggi terhadap orang Asia Amerika terjadi pada 17 Maret 2021 ketika seorang pria bersenjata menembak delapan orang, enam di antaranya perempuan keturunan Asia, dalam tiga serangan di panti pijat di dan sekitar Atlanta.

Di New York City pada 29 Maret 2021, seorang wanita Filipina berusia 65 tahun diserang saat berjalan ke gereja. Penyerang menendang perutnya, menjatuhkannya ke tanah dan menginjaknya.

Dalam sebuah pernyataan kepada surat kabar The Hill, Jason Miller, seorang penasihat senior Trump, mengatakan: "Ini adalah gugatan gila dan idiot yang paling spektakuler, dan itu akan segera ditolak jika sampai ke ruang sidang."

"Ini lelucon lengkap, dan jika saya adalah pengacara yang membawanya, saya akan khawatir tentang mendapatkan sanksi."

Menurut jajak pendapat Pew Research yang diterbitkan pada bulan April, 81 persen orang dewasa Asia Amerika mengatakan kekerasan terhadap mereka telah meningkat. Sekitar 20 persen responden mengutip retorika Trump tentang China sebagai salah satu alasan meningkatnya kekerasan terhadap warga Asia-Amerika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rancangan UU Anti Kejahatan Kebencian pada Warga Asia Amerika dan Pasifik

Sementara itu pada pada Kamis 20 Mei 2021, Presiden Joe Biden menandatangani rancangan undang-undang yang membahas peningkatan kejahatan kebencian terhadap warga Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik.

Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, yang berkulit Hitam dan India, membahas laporan penusukan, penembakan, dan serangan lainnya terhadap individu Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik dan bisnis mereka sejak awal pandemi sedikit lebih dari setahun yang lalu.

Harris mengatakan insiden seperti itu telah meningkat enam kali lipat dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah sebagian besar mempertahankan profil rendah sejak kalah dalam pemilihan ulang pada bulan November, Trump dilaporkan berniat melanjutkan unjuk rasa khasnya pada bulan Juni.

"Kami akan melakukan satu di Florida, kami akan melakukan satu di Ohio, kami akan melakukan satu di North Carolina," kata Trump kepada outlet berita konservatif OAN pada hari Kamis.

"Kami akan segera mengumumkannya selama satu atau dua minggu ke depan," kata Trump.

Aksi unjuk rasa ini akan menjadi acara politik publik pertamanya sejak berbicara di Konferensi Aksi Politik Konservatif pada Februari.

Trump telah dilarang tanpa batas waktu dari beberapa platform media sosial, termasuk Facebook dan Twitter, setelah para pendukungnya menyerbu Capitol AS pada 6 Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika
    Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika

    Donald Trump

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat