Top 3: Mesir Jadi Mediator Perdamaian Israel-Palestina Terpopuler

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 22 Mei 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2021, 10:00 WIB
Israel Lancarkan Serangan Udara ke Jalur Gaza
Perbesar
Sebuah ledakan serangan udara Israel terlihat di Kota Gaza (15/1/2020). Israel dilaporkan menargetkan beberapa situs militer Hamas di Jalur Gaza utara setelah mengklaim bahwa gerilyawan Palestina telah menembakkan empat roket ke Israel selatan. (AP Photo/Adel Hana)

Liputan6.com, Jakarta - Turki terus mengklaim bahwa pihaknya merupakan mediator perdamaian antara Israel dan Palestina. Rupanya, bukan Turki melainkan Mesir lah yang menjadi penengah antara kedua negara yang sedang dalam konflik tersebut.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Global Liputan6.com edisi Sabtu (22/5/2021). 

Informasi penting lainnya adalah gencatan senjata yang dilakukan saat ini rupanya disambut baik oleh Presiden AS Joe Biden. Walaupun AS tengah berada di pihak Israel, Presiden Joe Biden tetap meminta adanya deeskalasi konflik dan mendorong gencatan senjata

Masih seputar isu Israel dan Palestina, Menlu Retno menyebut bahwa Israel merupakan penjajah dalam sidang umum PBB yang dihadirinya. 

Simak ketiga berita paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Sabtu (22/5/2021):

1. Bukan Turki, Inilah Negara yang Bantu Damaikan Palestina dan Israel

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)
Perbesar
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)

Pihak Palestina dan Israel sepakat mengakhiri konflik Mei 2021 dan melakukan gencatan senjata. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut gencatan senjata itu aktif pada Jumat (21/5/2021) pukul 02.00 pagi. 

Selama konflik berseteru, sejumlah pemimpin dunia yang mengeluarkan banyak statement. Salah satunya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mengajak negara-negara Muslim untuk bertindak. 

Baca berita lengkapnya di sini...

2. Joe Biden Sambut Baik Kesepakatan Gencatan Senjata Israel-Hamas di Gaza

Joe Biden dan Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat
Perbesar
Presiden Joe Biden berbicara selama Pelantikan di US Capitol di Washington, Rabu (20/1/2021). Joe Biden mengalahkan Donald Trump di pemilu AS 2020 dengan perolehan 81 juta suara. (AP Photo/Patrick Semansky, Pool)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa negaranya menyambut baik kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. 

"Amerika Serikat sepenuhnya mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket tanpa pandang bulu oleh Hamas dan kelompok teroris berbasis Gaza lainnya yang telah merenggut nyawa warga sipil yang tidak bersalah," kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih.

Simak berita lengkapnya di sini..

3. Menlu Retno Sebut Israel sebagai Penjajah dalam Sidang Umum PBB

Aksi Solidaritas Dukung Palestina
Perbesar
Peserta kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat melakukan aksi bela Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Kamis (20/5/2021). Aksi tersebut dalam rangka berempati kepada bangsa Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya dari serangan Israel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan bahwa Israel merupakan penjajah. Pernyataan itu dibuat Menlu Retno dalam kunjungannya ke New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB terkait isu Palestina. 

"Kita semua memahami bahwa konflik ini bersifat asimetris, yaitu antara Israel sebagai penjajah dan bangsa Palestina yang diduduki dan terus menerus ditindas," ujar Menlu Retno.

Berita lengkapnya di sini...

Lanjutkan Membaca ↓