Sukses

Air Laut Surut, 5.000 Migran Maroko Jalan hingga Berenang ke Spanyol

Spanyol kedatangan migran dalam jumlah memecahkan rekor harian negara tersebut. Tak tanggung-tanggung mencapai 5.000 orang.

Madrid - Spanyol kedatangan migran dalam jumlah memecahkan rekor harian negara tersebut. Tak tanggung-tanggung mencapai 5.000 orang. 

Mengutip ABC Australia, Rabu (19/5/2021), ribuan di antaranya adalah anak-anak. Mereka tiba di daerah di Spanyol bernama Ceuta dari Maroko Senin kemarin 17 Mei.

Seorang juru bicara delegasi pemerintah Spanyol di Ceuta tidak memprediksi jumlah warga yang masuk di tengah tegangnya hubungan ibu kota Spanyol, Madrid dengan ibu kota Maroko, Rabat. Menurutnya, jumlah ini mungkin saja bisa bertambah.

"Para migran berhasil mencapai daerah perkantungan tersebut dengan berenang dan berjalan di tengah air laut yang sedang surut. Namun, seorang pria diketahui tenggelam di tengah perjalanannya," tutur juru bicara itu. 

Delegasi tersebut mencatat kedatangan 100 orang di pagi hari, yang kebanyakan adalah remaja laki-laki, anak-anak dan beberapa perempuan yang berenang dengan ban atau perahu karet.

Juru bicara itu memaparkan, beberapa lainnya berjalan ketika air pasang. Jumlah kedatangan para migran pun dilaporkan meningkat cepat sepanjang hari itu.

Setelah diperiksa oleh Palang Merah, migran ini dibawa ke resepsionis di Pantai El Tarajal, sembari pihak berwenang mengadakan pertemuan untuk berdikusi tentang bagaimana situasi tersebut harus ditangani mengingat tingginya angka kedatangan.

Dalam video yang diunggah di media sosial, menunjukkan rombongan orang, beberapa mengenakan pakaian renang dan lainnya berbaju biasa, melewati tempat berpijak yang berbatu.

Awalnya, polisi Maroko hanya menyaksikan rombongan tersebut, sebelum mulai mengamankan segerombolan penonton yang juga ikut menyaksikan.

"200 penjaga sipil dan polisi nasional akan dikerahkan ke Ceuta," ujar Menteri Dalam Negeri Spanyol mengatakan pada Senin malam.

Dia menambahkan, "pihak berwenang Spanyol dan Maroko baru mencapai kesepakatan mengenai pengembalian warga Maroko yang tiba di pantai ke negara asal mereka", dan bagaimana pihak berwenang dari kedua sisi terikat dalam kontrak yang "permanen".

Sejauh ini pPihak berwenang Maroko belum merespons perihal tersebut.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketegangan Diplomatik Penyebabnya?

Pada akhir pekan di Bulan April, sekitar 100 orang migran berenang ke Ceuta secara berkelompok.

Satu kelompok berisi 20-30 orang. Kebanyakan darinya dideportasi kembali ke Maroko.

Ceuta dan Melilla, daerah perkantungan Afrika Selatan di Spanyol lainnya, adalah satu-satunya perbatasan darat Uni Eropa dengan Afrika.

Kedua daerah ini merupakan jalur masuk populer bagi migran yang menginginkan hidup lebih baik di Eropa.

Data yang dikeluarkan oleh Menerti Dalam Negeri Spanyol menunjukkan bahwa pada periode 1 Januari hingga 15 Mei, sebanyak 475 migran berhasil tiba di Ceuta lewat darat atau laut.

Jumlah ini naik dua kali lipat dari jumlah sebelumnya di periode yang sama, yaitu 203 warga.

Mohamed Benaissa, Presiden Observatorium Utara kelompok HAM di Fnideg yang berjarak cukup jauh dari Maroko, mengatakan kebanyakan warga yang berhasil mencapai Spanyol adalah "anak-anak, remaja, namun juga keluarga, semuanya warga Maroko".

Kedatangan ini terjadi di tengah adanya ketegangan diplomatik antara Madrid dan Rabat setelah ketua Front Polisario, Brahim Ghali tiba di Spanyol bagian utara pada pertengahan April dan dirawat di rumah sakit karena COVID-19.

Front Polisario sejak lama telah memperjuangkan kemerdekaan Sahara Barat dari Maroko. Analis memperingatkan pertengkaran ini dapat mengancam kerjasama bilateral antara Madrid dan Rabat dalam melawan imigrasi ilegal.

Mohamed mengatakan rombongan yang tiba hari Senin itu "mungkin berkaitan dengan krisis diplomatik antara Maroko dan Spanyol".

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.