Sukses

Petaka Tantangan TikTok, 100 Remaja di Inggris Terjebak Ayunan Khusus Balita

Awak pemadam kebakaran London harus membantu 21 orang yang terjebak dalam ayunan permainan balita sepanjang tahun ini akibat tantangan di TikTok.

Liputan6.com, London - TikTok, aplikasi berbagi video populer di kalangan anak muda di seluruh dunia, dibanjiri dengan tren dan kegilaan yang tidak terduga.

Tetapi dalam perburuan tanpa henti untuk "like" media sosial, beberapa remaja telah menciptakan masalah bagi layanan darurat di London. Petaka!

London Fire Brogade (LFB) atau Brigade Pemadam Kebakaran London merilis sebuah pernyataan peringatan terhadap kegilaan yang melihat orang-orang muda "memaksa diri mereka sendiri ke ayunan balita dan terjebak, terkait dengan mode di situs berbagi video", pada Selasa (11/5/2021).

Melansir Newsweek, Selasa (18/5/2021), departemen pemadam kebakaran mengatakan telah terjadi "21 insiden orang terjebak dalam ayunan" di ibu kota Inggris sepanjang tahun ini.

Menurut brigade pemadam kebakaran, tren TikTok mencapai puncaknya tahun lalu, ketika ada 52 laporan, tetapi popularitasnya kembali meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

32 insiden dilaporkan pada 2019, sehingga totalnya menjadi 105 hanya dalam waktu kurang dari dua setengah tahun.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Atas Remaja yang Terjebak dalam Ayunan

Pada awal Mei 2021, petugas pemadam kebakaran harus membantu seorang gadis berusia 14 tahun yang terjebak dalam peralatan bermain di sebuah taman di Ruislip, barat laut London.

Para kru harus membongkar ayunan tersebut dan kemudian menggunakan tekanan untuk melebarkannya sehingga gadis itu bisa dilepaskan. Remaja itu tidak cedera dan ayunan dipasang kembali, tetapi pada beberapa kesempatan peralatan pemotongan diperlukan, merusak peralatan taman bermain, kata LFB.

Ada 12 insiden serupa di kota itu pada bulan April, termasuk satu di taman bermain di Sutton, London selatan, di mana petugas pemadam kebakaran harus menyelamatkan seorang remaja saat difilmkan oleh sekelompok anak muda.

Tahun lalu, petugas pemadam kebakaran London menyelamatkan total 52 orang yang terjebak ayunan, sedangkan pada 2019 ada 32 kejadian serupa.

Jane Philpott, asisten komisaris LFB untuk stasiun pemadam kebakaran, mengatakan bahwa dengan mencari ketenaran TikTok orang-orang berpotensi mengalihkan kru mereka dari insiden yang lebih serius dan itu bukanlah sesuatu yang ingin mereka lihat.

Dia menambahkan, "Kami akan meminta orang-orang untuk berpikir dua kali sebelum mengambil bagian dalam tantangan ini - pikirkan tentang cedera yang dapat Anda timbulkan pada diri Anda sendiri, kerusakan pada ayunan yang harus dipotong dan yang terpenting adalah fakta yang Anda ikat. sumber daya yang mungkin diperlukan untuk keadaan darurat yang sebenarnya. "

Meskipun tantangan ini tidak melanggar pedoman komunitas mereka, juru bicara TikTok mengatakan, mempromosikan lingkungan aplikasi yang positif dan aman untuk komunitas adalah prioritas utama TikTok.

Reporter: Lianna Leticia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.