Sukses

Penelitian: Gaya Selfie Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

Walau hanya sekedar foto, selfie ternyata dapat mengungkapkan kesan seperti apa yang ingin kita tunjukkan.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan jutaan selfie yang diposting dan dibagikan oleh banyak pengguna setiap saat, kita cenderung mendapatkan kesan tentang kepribadian orang berdasarkan gambar mereka. 

Menurut sebuah penelitian di Singapura, "selfie" mengungkapkan banyak hal tentang Anda.

Berdasarkan penemuan yang dilansir dari Bright Side, inilah kesan yang dikatakan selfie tentang Anda dengan cara yang lebih mendalam. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ingin Merasa Tinggi dan Lebih Maskulin

Sudut kamera adalah segalanya, terutama dalam hal tayangan. Menurut sebuah  penelitian, pria yang lebih tinggi dianggap lebih menarik dan maskulin - dan itulah sebabnya selfie mereka sering diambil dari angle bawah, karena mereka tampak seperti meremehkan seseorang yang lebih pendek.

Yang lebih menarik adalah kita lebih mungkin menemukan selfie dengan angle dari bawah dari pria di Tinder daripada di Instagram. Mengingat Tinder berfokus pada kencan, menjadi jelas mengapa sudut kamera ini lebih disukai, ketika kesan kekuasaan dan dominasi diinginkan.

3 dari 6 halaman

2. Ingin Menunjukkan Sisi Menarik Mereka

Lihatlah selfie Anda - apakah itu menunjukkan kepada Anda menggunakan pipi kiri atau kanan?

Kemungkinan sebagian besar dari mereka akan meningkatkan yang kiri. Menurut sebuah penelitian, alasannya sangat simple - hal ini karena sisi kiri pipi mengkomunikasikan emosi dengan lebih baik dan dianggap lebih menarik. 

4 dari 6 halaman

3. Ingin Merasa Bertubuh Mungil dan Lebih Feminim

Jika Anda seorang wanita yang mengambil gambar dari atas, Anda mungkin mencoba mengekspresikan feminitas.

Menurut sebuah penelitian, wanita mengambil gambar dari atas agar terlihat lebih pendek bagi pemirsa, yang merupakan kebalikan dari pria yang mengambil gambar dari bawah. Dengan mengambil foto selfie dari atas, wanita mungkin mencoba menyampaikan tidak hanya bahwa mereka pendek, tetapi juga bahwa mereka setia dan cantik.

5 dari 6 halaman

4. Ingin Tampil Otentik dan Spontan

Selfie sering kali menunjukkan suasana hati kita - dan juga penilaian orang lain. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa jika Anda tidak berpose dalam situasi sehari-hari yang alami, Anda mungkin dianggap sebagai orang yang autentik.

Menikmati angin sepoi-sepoi atau bersenang-senang? Mengambil foto selfie mungkin memberi kesan yang baik kepada orang lain tentang kepribadian Anda.

6 dari 6 halaman

5. Tampak Kooperatif dan Percaya

Jika Anda terbiasa memotret dari bawah, melakukan kontak mata langsung dengan kamera, dan menunjukkan emosi yang positif, kabar baik! Kemungkinannya, Anda dianggap sebagai seseorang yang menyenangkan.

Menurut para peneliti, itu berarti Anda mungkin mengeluarkan getaran baik hati, kooperatif, percaya, dan ramah.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.