Sukses

Cerita Berbagai Negara Sambut Idul Fitri, di Tengah Pandemi dan Konflik

Berikut adalah cerita dari berbagai negara yang menyambut Hari Raya Idul Fitri, meskipun adanya pandemi COVID-19 dan konflik.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang masih berlangsung hingga tahun ini.

Namun tak hanya pandemi COVID-19, beberapa wilayah dan negara di dunia juga tengah menghadapi serangkaian konflik dan kekerasan saat perayaan tersebut.

Di Tanah Air, yaitu di Ibu Kota Jakarta, ribuan Muslim menggelar salat Ied di halaman Masjid Agung Al Azhar.

Salat Ied di Masjid Agung Al Azhar menjadi salah satu pilihan jemaah karena Masjid Istiqlal tidak menggelar ibadah tersebut tahun ini.

"Tahun ini terasa berbeda karena tahun lalu saya merasakan salat Ied di rumah. Jadi, punya kesempatan bisa salat Ied di lapangan bersama keluarga dan yang lain, luar biasa. Saya happy," ungkap seorang warga bernama Faradina, seperti dilansir VOA Indonesia, Jumat (14/5/2021).

"Hati ini untuk melaksanakan salat Id lapangan, tidak bisa dibendung. Kekhawatiran tetap ada tetapi saya dan keluarga selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah," kata warga lainnya, yaitu Rio Reynaldo.

Diketahui bahwa banyak masjid di sekitar ibu kota yang tutup karena kekhawatiran akan risiko COVID-19.

Hal ini membuat banyak warga Muslim pergi ke tanah-tanah lapang untuk menggelar salat Ied atau datang ke masjid-masjid yang lebih kecil.

Di Depok, jemaah memakai masker dan membersihkan tangan sebelum masuk ke masjid untuk salat Ied. Di pintu masuk masjid, terpampang poster yang mengurai enam langkah yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia untuk mencegah penyebaran COVID-19, sebagai pengingat bahaya Virus Corona.

Pemerintah Indonesia juga melarang mudik.

Selain itu, gubernur Jakarta memerintahkan mal-mal, restoran, dan tujuan wisata, yang biasanya padat oleh orang yang merayakan lebaran, tutup.

Kamboja

Di Ibu Kota Kamboja, Phnom Penh, Muslim melaksanakan ibadah salat Ied di pinggir sungai Mekong karena masjid di sana tutup untuk mencegah penularan COVID-19.

Jalur Gaza

Kemudian di Gaza, suasana Idul Fitri kali ini disertai dengan duka karena ketegangan yang meningkat antara Israel dan Palestina.

Di Yerusalem, ratusan orang melaksanakan salat Ied di Masjid Al-Aqsa, yang beberapa hari lalu menjadi lokasi bentrokan antara polisi Israel dan pemuda Palestina di tengah kemarahan yang meningkat atas potensi penggusuran warga Palestina dari rumah-rumah di atas tanah yang diklaim oleh pemukim Yahudi.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelasanaan Salat Ied di Afghanistan Hingga Albania

Afghanistan

Kemudian di Afghanistan, Taliban mengumumkan gencatan senjata tiga hari untuk Idulfitri hanya beberapa hari setelah serangan bom menewaskan 80 orang, kebanyakan dari mereka adalah siswi sekolah.

Sementara itu, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melakukan salat di istana presiden. Dalam pidatonya, ia meminta Taliban untuk memilih perdamaian atau kehancuran.

Di beberapa kota di Timur Tengah, Muslim menggelar salat Ied dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Lebanon

Jemaah membludak sampai ke jalan-jalan dan gang-gang di sekitar masjid di Beirut, Lebanon. Mereka mengaku rindu untuk salat Ied karena tidak bisa melakukannya tahun lalu akibat pandemi COVID-19.

Arab Saudi

Arab Saudi menggelar ibadah salat Ied dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. Tayangan sebuah stasiun TV lokal menayangkan gambar Raja Salman salat di kawasan yang akan menjadi megacity NEOM. Salat Ied juga kembali dilakukan di Kota Suci Makkah dan Madinah setelah tahun lalu ditiadakan.

Irak

Di Mosul, Irak, jemaah melaksanakan salat di antara puing-puing masjid al-Masfi dari abad ke-7 yang bersejarah. Negara itu telah mengalami banyak kerusakan akibat perang yang panjang antara pasukan Irak dan ISIS.

Salat Ied kali ini pun merupakan ibadah Idul Fitri pertama yang kembali diadakan di Mosul. Sekelompok sukarelawan berharap doa yang dipanjatkan pada hari yang fitri akan memperkuat seruan mereka agar Kota Tua itu dibangun kembali.

Tunisia

Di Tunisa, sebagai bagian dari parsial lockdown selama seminggu yang dimulai pada 16 Mei, pertemuan keluarga dilarang dan masjid-masjid ditutup di negara tersebut.

Kongo

Dua kelompok jemaah di Ibu Kota Kongo, Kinshasa yang bersaing untuk menduduki jabatan di komunitas Muslim, bentrok di luar Stadion Martir. Peristiwa itu terjadi meskipun mereka datang ke sana untuk salat Id dan menunjukkan persatuan.

Diketahui, kurang dari 5% dari 90 juta penduduk Kongo adalah Muslim.

Di alun-alun kota Tirana, ribuan Muslim Albania melakukan ibadah salat Ied tanpa menjaga jarak fisik dan hanya sebagian kecil yang memakai masker.

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan COVID-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.