Sukses

16 Mei 1960: Gagal Damai Perang Dingin Usai Soviet Tembak Jatuh Pesawat AS

Sebelumnya pada 1 Mei, Soviet menembak jatuh pesawat mata-mata CIA dan menangkap pilot, Gary Francis Powers.

Liputan6.com, Paris - Setelah jatuhnya pesawat mata-mata U-2 Amerika Serikat pada 1 Mei 1960, pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev menyerang Amerika Serikat dan Presiden Dwight D. Eisenhower pada pertemuan puncak Paris antara kedua kepala negara.

Sikap Khrushchev juga membuat Eisenhower marah dan menghancurkan setiap peluang untuk pembicaraan atau negosiasi yang sukses dalam pertemuan puncak tersebut.

Sebelumnya pada 1 Mei, Soviet menembak jatuh pesawat mata-mata CIA dan menangkap pilot, Gary Francis Powers.

Amerika Serikat mengeluarkan penolakan publik bahwa pesawat itu digunakan untuk spionase, mengklaim sebagai gantinya bahwa itu hanyalah pesawat cuaca.

Soviet menyerang balik bantahan AS dengan menemukan potongan-potongan besar puing-puing dari pesawat, dan pengakuan Powers bahwa ia bekerja untuk CIA, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (16/5/2021).

Insiden itu adalah kegagalan hubungan masyarakat untuk Presiden Eisenhower, yang terpaksa mengakui bahwa pesawat itu memang telah memata-matai Rusia.

Ketegangan dari insiden itu masih tinggi ketika Eisenhower dan Khrushchev tiba di Paris untuk memulai pertemuan puncak pada 16 Mei. Khrushchev tidak membuang waktu untuk merobek Amerika Serikat, menyatakan bahwa Eisenhower tidak akan diterima di Rusia selama kunjungannya yang dijadwalkan ke Uni Soviet pada bulan Juni tahun yang sama.

Dia mengutuk "tindakan provokatif yang tidak dapat diterima" Amerika Serikat dalam mengirim pesawat mata-mata ke Uni Soviet, dan menuntut agar Eisenhower melarang penerbangan di masa depan dan menghukum mereka yang bertanggungjawab atas "pelanggaran yang disengaja Uni Soviet."

Ketika Eisenhower hanya menyetujui "penangguhan" penerbangan pesawat mata-mata, Khrushchev meninggalkan pertemuan dengan cepat. Menurut pejabat AS, presiden "marah" pada Khrushchev karena menyerang Amerika Serikat secara terbuka dalam pertemuan publik tersebut.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunda Pembicaraan Damai

Pertemuan puncak secara resmi ditunda keesokan harinya tanpa pertemuan lebih lanjut antara Khrushchev dan Eisenhower. Rencana perjalanan Eisenhower ke Moskow pada bulan Juni telah dibatalkan.

Runtuhnya pertemuan puncak Mei 1960 adalah pukulan yang menghancurkan bagi mereka yang berada di Uni Soviet dan Amerika Serikat yang percaya bahwa periode "ko-eksistensi damai" antara kedua negara adidaya itu berada di cakrawala.

Selama beberapa tahun sebelumnya, baik Eisenhower dan Khrushchev telah secara terbuka menunjukkan keinginan mereka untuk meredakan ketegangan Perang Dingin, tetapi insiden pesawat mata-mata mengakhiri pembicaraan seperti itu untuk sepanjang tahun 1960-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.