Sukses

Kreasi Pantun hingga Dubes Main Saxophone Meriahkan Lebaran Virtual WNI di Inggris

KBRI London menggelar acara halal bihalal Idul Fitri secara virtual untuk para WNI di Inggris.

Liputan6.com, London - KBRI London menggelar acara lebaran, silaturahmi, dan halalbihalal Idul Fitri 1442 H secara virtual untuk kedua kalinya pada Kamis 13 Mei 2021.

Dalam acara tersebut, 200 WNI maupun diaspora Indonesia di Inggris dan Irlandia saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan.

Acara dibuka oleh lantunan ayat suci Al-Qur’an dari qari cilik, Farraz Azzahra.

Ucapan selamat Idul Fitri pun disampaikan oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa Indonesia di Inggris dan Irlandia, dari utara ke selatan, dari timur ke barat.

Duta Besar RI di London, Desra Percaya menyampaikan, "Idul Fitri tahun ini, seperti tahun lalu, kita laksanakan di tengah pandemi… secara sederhana dan keprihatinan, serta sepenuhnya menaati ketentuan pemerintah dan protokol kesehatan".

Dubes Desra menambahkan, "Meskipun secara virtual, Idul Fitri ini tidak mengurangi esensi rasa syukur kita kepada Allah SWT…tidak mengurangi tradisi kita bersama untuk menyambung tali silaturahim, meningkatkan solidaritas…serta mari kita mendoakan dan membantu secara konkret untuk saudara-saudara kita di Palestina yang tengah berjuang menghadapi cobaan".

Selain itu, acara ini juga menghadirkan kreasi pantun dari wakil kelompok masyarakat sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia.

Hadirin dihibur dengan lomba, kuis interaktif, serta penampilan lagu Shalawat Badar oleh saxophone Dubes Desra berkolaborasi dengan musisi Zefan, Naira, Kezia, dan Betik Youth Singers. Kemudian, ada juga penampilan kejutan dari Armand Maulana dan Dewi Gita yang membawakan 3 lagu bagi penonton, demikian menurut keterangan KBRI London dalam pernyataan tertulis mereka yang dikutip Jumat (14/5/2021).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Acara Digelar Bekerja Sama dengan Organisasi Muslim Indonesia di Inggris

KBRI London mengatakan, bahwa acara lebaran virtual ini merupakan puncak dari dari rangkaian kegiatan virtual Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H yang diselenggarakan bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan Muslim Indonesia di Inggris dan Irlandia, yakni Firdaus Irlandia, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama UK, Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah UK, dan Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya (KIBAR).

Sebelumnya, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, pada malam 1 Syawal 12 Mei, KBRI London juga telah menggelar acara takbiran online yang melibatkan berbagai lokaliti kelompok masyarakat Muslim Indonesia di Inggris dan Irlandia, dari Aberdeen hingga Cardiff, dari Belfast hingga Manchester.

Acara takbiran ini juga dihadiri oleh sekitar 200 masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia.

KBRI London, menyampaikan "selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin, mari kita terus berdoa agar selalu mendapatkan kekuatan dalam menghadapi pandemi dan semoga musibah ini dapat segera berakhir".

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan COVID-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.