Sukses

Israel: Hamas Luncurkan 1.500 Roket dalam 3 Hari Terakhir

Israel Defence Forces (IDF) berkata siap membalas serangan roket dari Hamas.

Liputan6.com, Tel Aviv - Israel Defense Forces (IDF) menyebut Hamas telah menghujani Israel dengan 1.500 roket dalam 72 jam terakhir. Pihak IDF berjanji akan membalas. 

"Selama tiga hari terakhir, Hamas telah menembakan 1.500+ roket dari Gaza menuju Israel, meneror wawrga sipil hingga jarak 90 mil. Hamas, bersiaplah mendapat respons," tulis IDF melalui Twitter, Kamis malam (12/5/2021) waktu setempat.

Pada pagi hari saat Lebaran hari Kamis waktu setempat, IDF juga menampilkan video serangan roket Hamas yang mendarat di Petah Tikva. Lokasi itu tidak jauh dari Tel Aviv.

IDF menyerang fasilitas-fasilitas kunci milih Hamas, seperti bank, infrastruktur kontra-intelijen, tempat penyimpanan senjata, serta terowongan untuk menyerang.

Korban jiwa telah jatuh dari kedua belah pihak selama konflik yang terjadi beberapa waktu terakhir. Mayoritas meninggal berada di sisi Palestina.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PM Benjamin Netanyahu Umumkan Status Darurat di Lod Israel

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Rabu 12 Mei mengumumkan status darurat di pusat kota Lod, Israel.

Status darurat ini diumumkan ketika polisi menuduh penduduk Arab di Israel melakukan kerusuhan skala luas. 

Dilansir AFP, Rabu (12/5/2021), pernyataan Netanyahu muncul setelah seorang warga Arab Israel terbunuh di Lod pada malam sebelumnya ketika kekerasan melonjak antara Israel dan Palestina.

Menurut seorang fotografer AFP, Netanyahu bepergian ke Lod, yang berada di pinggiran pusat ekonomi Tel Aviv dekat bandara Ben Gurion, untuk meminta ketenangan.

Kota berpenduduk 77.000 orang tersebut, termasuk 47.000 orang Yahudi Israel dan 23.000 orang Arab Israel, telah menjadi tempat bentrokan kekerasan pada Senin 10 Mei.

Hal itu dikonfirmasi oleh polisi setempat.

Tetapi pada Selasa malam, ketika protes berlipat ganda di seluruh Yerusalem Timur, Tepi Barat yang diduduki dan juga kota-kota lainnya, situasi memburuk di Lod.

"Kerusuhan skala luas meletus oleh beberapa warga Arab dan membahayakan komunitas," kata seorang polisi dalam sebuah pernyataan.

"Kendaraan dibakar dan properti rusak," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.