Sukses

Mengenal Dalton Highway Express Rute Bus Paling Sepi di Dunia

Layanan bus paling utara di Amerika Utara, Dalton Highway Express punya jarak 500 mil dan dinobatkan rute bus tersepi di dunia.

Liputan6.com, Alaska - Jarang diketahui, layanan bus di Amerika Utara, Dalton Highway Express yang menempuh jarak 500 mil dari Fairbanks, Alaska, ke pemukiman Deadhorse merupakan rute bus terpanjang di dunia.

Memperluas 414 mil dari Livengood di utara Fairbanks ke ladang minyak Prudhoe Bay yang berbatu di Deadhorse, Dalton Highway adalah jalan penghubung paling utara di Amerika.

BBC, pada Selasa (11/5/2021), menjelaskan bahwa ini juga bisa dibilang sebagai jalan yang paling berbahaya. Truk-truk besar beroda 18 memenuhi tengah jalan yang tidak beraspal; badai Arktik dapat mengurangi jarak pandang hingga hampir nol dan cuacanya bisa sangat dingin.

Pada tahun 1971, Cat Prospect Camp di selatan Coldfoot mencatat suhu terendah yang pernah ada di AS, -80F (-62C) yang menusuk tulang.

Jalan Raya Dalton dibangun pada tahun 1974 untuk melayani ladang minyak Teluk Prudhoe, sumber kehidupan ekonomi Alaska dan pemasok hampir 85% dari anggaran negara bagian. 

Pada awalnya, ini hanyalah jalan angkut untuk truk. Kemudian, pada tahun 1994, negara membuka jalan raya untuk kendaraan pribadi. 

"Mengendarai Dalton Highway bisa menjadi ekstrim di musim panas atau musim dingin," kata John Rapphahn, penjaga taman dan manajer Pusat Pengunjung Antartika Arktik di Coldfoot. 

"Di musim panas, truk membuang debu dan jalan berlumpur bisa membuat permukaan licin. Musim dingin membawa kondisi es dan longsoran. Dengan hanya sekitar seperempat jalan beraspal, pengendara harus bersiap menghadapi satu atau dua ban kempes."

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepanjang Jalan Dipenuhi dengan Bebatuan

Kerusakan yang dihasilkan pun bisa tergolong cukup mahal.

"Saya pernah menemukan pasangan terjebak di selokan di musim dingin di -30F," kenang Rapphahn. 

"Saya tidak bisa mengeluarkan kendaraan mereka, jadi saya memberi mereka tumpangan ke Kamp Sungai Yukon di mana mereka memanggil truk derek. Harganya sekitar $ 1.200 (Rp 17 juta)."

Jika Anda sedang mengemudi, dia merekomendasikan untuk melengkapi diri Anda dengan radio. 

"Ada baiknya berinvestasi dalam CB genggam yang disetel ke Channel 19. Dengan cara ini, pengemudi truk dan mobil pilot terdekat dapat memberi tahu Anda tentang beban yang terlalu besar saat mereka melihat Anda di jalan. Anda juga akan mendapatkan keuntungan tambahan karena dapat berkomunikasi dengan kendaraan lain jika terjadi masalah."

The Dalton Highway Ekspres diluncurkan lebih dari 20 tahun yang lalu untuk memenuhi permintaan kecil tapi berkembang untuk transportasi darat di jalan.

Dikarenakan banyaknya pelancong yang berdatangan, antara awal Juni dan akhir Agustus, perusahaan menjalankan layanan pengembalian dua kali seminggu antara Fairbanks dan Deadhorse yang menempuh jarak 500 mil hanya dalam 16 jam.

"Tamu kami datang dari mana-mana, meski mayoritas adalah pelancong AS," jelas koordinator pemasaran perusahaan, Kathy Hedges. 

"Beberapa mencari transportasi murah untuk pergi ke atau dari Deadhorse dengan rute yang indah; yang lain mencoba mendapatkan titik awal yang baik untuk mendaki ke Gerbang Taman Nasional Arktik atau naik kano di jembatan Sungai Yukon. Semakin banyak pelancong bersepeda ke satu arah dan mencari tumpangan ke arah lain."

Satu-satunya jalan yang konstan adalah pipa Trans-Alaska. Diangkut di atas tanah di garis lintang utara yang tinggi karena permafrost, pipa tersebut memompa hampir 500.000 barel minyak sehari.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.