Sukses

Ratusan Mantan Penjaga Perdamaian Ethiopia Cari Suaka ke Sudan

Badan Pengungsi PBB, UNHCR, juga mengonfirmasi bahwa mereka telah mengajukan suaka di Sudan.

Liputan6.com, New York - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, Minggu (9/5), bahwa sekitar 120 mantan tentara penjaga perdamaian dari Ethiopia, di mana beberapa kawasan termasuk Tigray terimbas konflik antar etnis, telah mencari suaka di Sudan.

Para personel itu akan direpatriasi sebagai bagian dari penarikan misi penjaga perdamaian PBB, UNAMID, yang dilakukan secara bertahap dari kawasan Darfur, Sudan, setelah mandatnya berakhir pada 31 Desember.

"Saat ini, 120 mantan tentara penjaga perdamaian UNAMID yang akan direpatriasi, telah mengajukan perlindungan internasional," kata seorang juru bicara penjaga perdamaian PBB kepada AFP melalui surel.

Badan Pengungsi PBB, UNHCR, juga mengonfirmasi bahwa mereka telah mengajukan suaka di Sudan.

Mereka "akan dibawa ke lokasi yang aman di mana status pengungsi mereka bisa ditentukan," katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut, untuk "tujuan perlindungan."

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Tewas dalam Konflik

Belum jelas apakah semua mantan tentara penjaga perdamaian yang mencari suaka berasal dari kawasan Tigray, Ehtiopia.

Konflik Tigray pecah November lalu antara pasukan federal Ethiopia dan para pemimpin partai yang berkuasa di kawasan itu. Ribuan orang tewas dalam konflik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.