Sukses

11 Mei 1934: Jutaan Ton Debu Sapu Kawasan New York hingga Atlanta

Sebuah badai besar mengirimkan jutaan ton debu dari seluruh wilayah Great Plains di Amerika Serikat (AS) ke daerah timur seperti New York, Boston dan Atlanta.

Liputan6.com, New York - Pada tanggal 11 Mei 1934, badai besar mengirimkan jutaan ton debu dari seluruh wilayah Great Plains di Amerika Serikat (AS) ke daerah timur seperti New York, Boston dan Atlanta.

Pada saat Great Plains dihuni pada pertengahan 1800-an, tanah tersebut ditutupi oleh padang rumput, yang menahan kelembapan di bumi dan menahan sebagian besar tanah agar tidak tertiup bahkan selama musim kemarau. 

Namun, pada awal abad ke-20, para petani telah membajak di bawah sebagian besar rumput untuk membuat ladang. 

Melansir History, Senin (10/5/2021), masuknya AS ke dalam Perang Dunia I pada tahun 1917 menyebabkan kebutuhan besar akan gandum, dan pertanian mulai mendorong ladang mereka hingga batasnya, membajak di bawah semakin banyak padang rumput dengan traktor yang baru ditemukan. 

Pembajakan berlanjut setelah perang, ketika penggunaan traktor bensin yang lebih bertenaga mempercepat prosesnya. Selama tahun 1920-an, produksi gandum meningkat 300 persen, menyebabkan melimpahnya pasar pada tahun 1931.

Tahun itu, kekeringan parah menyebar di seluruh wilayah. Saat tanaman mati, angin mulai membawa debu dari tanah yang terlalu banyak dibajak dan digembalakan secara berlebihan.

Jumlah badai debu yang dilaporkan melonjak dari 14 pada tahun 1932 menjadi 28 pada tahun 1933. Tahun berikutnya, frekuensi badai menurun tetapi intensitasnya meningkat, yang berpuncak pada badai yang paling parah pada bulan Mei 1934. Selama dua hari, badai angin kencang menangkap dan membawa sekitar 350 juta ton endapan lumpur dari Great Plains utara ke pesisir timur.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekeringan Memicu Badai Debu yang Berkelanjutan

Menurut The New York Times, debu "bersarang di mata dan tenggorokan orang New York yang menangis dan batuk", dan bahkan kapal-kapal sekitar 300 mil lepas pantai melihat debu berkumpul di geladak mereka.

Badai debu memaksa ribuan keluarga dari Texas, Arkansas, Oklahoma, Colorado, Kansas, dan New Mexico untuk kabur dan bermigrasi ke California, tidak peduli dari negara bagian mana mereka berasal. 

Transplantasi ini menemukan kehidupan di Barat tidak jauh lebih mudah daripada apa yang telah mereka tinggalkan, karena pekerjaan langka dan bayarannya sedikit selama tahun-tahun terburuk Depresi Besar.

Badai besar lainnya pada tanggal 15 April 1935 – dikenal sebagai "Minggu Hitam" - bahkan lebih memperhatikan situasi putus asa di wilayah Great Plains, yang oleh reporter Robert Geiger disebut sebagai "Dust Bowl". 

Tahun itu, sebagai bagian dari program Kesepakatan Baru, pemerintahan Presiden Franklin D. Roosevelt mulai memberlakukan peraturan federal tentang metode pertanian, termasuk rotasi tanaman, pembibitan rumput dan metode pembajakan baru. 

Ini berhasil sampai pada titik tertentu, mengurangi badai debu hingga 65 persen, tetapi hanya akhir dari kekeringan di musim gugur tahun 1939 yang benar-benar akan memberikan kelegaan.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.