Sukses

China Bantah Tuduhan Abai terhadap Puing Roket-nya yang Akan Jatuh ke Bumi

Puing-puing besar dari roket antariksa China diperkirakan akan jatuh kembali tanpa kendali ke Bumi akhir pekan ini.

Liputan6.com, Beijing - Puing-puing besar dari roket antariksa China diperkirakan akan jatuh kembali tanpa kendali ke Bumi akhir pekan ini.

Segmen utama dari kendaraan Long March-5b digunakan untuk meluncurkan modul pertama stasiun luar angkasa baru China bulan lalu.

Puing roket yang akun jatuh diperkirakan berbobot 18 ton, dan menjadi salah satu benda penjelajahan antariksa terbesar yang jatuh kembali ke Bumi dalam beberapa dekade.

AS pada Kamis 6 Mei 2021 mengatakan sedang mengawasi objek itu, tetapi saat ini tidak memiliki rencana untuk menembaknya.

"Kami berharap bahwa itu akan mendarat di tempat di mana itu tidak akan membahayakan siapa pun," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. "Mudah-mudahan di lautan, atau tempat seperti itu."

Berbagai ahli pemodelan puing-puing antariksa memperkirakan pada akhir Sabtu atau Minggu dini hari (GMT) sebagai jadwal jatuhnya benda itu. Namun, proyeksi seperti itu selalu sangat tidak pasti.

Awalnya diterbangkan ke orbit elips sekitar 160 km dan 375 km di atas permukaan Bumi pada 29 April, tahap inti Long March-5b telah kehilangan ketinggian sejak itu.

Seberapa cepat orbit inti akan terus membusuk akan tergantung pada kepadatan udara yang ditemuinya di ketinggian dan jumlah drag (daya hambat) yang dihasilkan. Namun, rincian tentang hal tersebut masih belum diketahui.

Sebagian besar kendaraan harus terbakar ketika membuat terjun terakhir melalui atmosfer, meskipun selalu ada kemungkinan bahwa logam dengan titik leleh tinggi, dan bahan tahan lainnya, dapat bertahan ke permukaan.

Kemungkinan bagi seseorang terkena sepotong sampah ruang angkasa itu sangat kecil, karena begitu banyak permukaan Bumi ditutupi oleh lautan, dan karena bagian yang merupakan tanah termasuk daerah besar yang tidak berpenghuni.

Zona potensi jatuh dalam kasus ini dibatasi masih lebih jauh oleh lintasan tahap roket. Ini bergerak pada kecenderungan ke khatulistiwa sekitar 41,5 derajat. Ini berarti dimungkinkan sudah untuk mengecualikan bahwa setiap puing-puing bisa jatuh lebih jauh ke utara dari sekitar 41,5 derajat lintang Utara dan lebih jauh ke selatan dari 41,5 derajat lintang Selatan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dituduh Tak Bertanggungjawab

China telah membantah tuduhan bahwa mereka telah lalai dalam memungkinkan pengembalian objek yang begitu besar. Komentar di media negara itu telah menggambarkan laporan Barat tentang potensi bahaya yang terlibat sebagai "hype" yang berlebihan dan memprediksi puing-puing kemungkinan akan jatuh di suatu tempat di perairan internasional.

Global Times mengutip pakar kedirgantaraan Song Zhongping yang menambahkan bahwa jaringan pemantauan ruang angkasa China akan tetap memperhatikan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika kerusakan terjadi.

Tetapi pengamat yang dihormati dari aktivitas luar angkasa, Jonathan McDowell dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, AS, mengatakan situasi itu memang mencerminkan buruk pada China.

"Itu memang dipandang sebagai kelalaian," katanya kepada BBC News.

"Ini adalah peluncuran kedua roket jenis ini; puing-puing di Pantai Gading tahun lalu berasal dari peluncuran sebelumnya, yaitu roket yang pada dasarnya identik.

"Dua insiden ini [yang sekarang dan Pantai Gading] adalah dua objek terbesar yang sengaja dibiarkan masuk kembali tidak terkendali sejak Skylab pada tahun 1979."

Fragmen stasiun luar angkasa AS Skylab tersebar di Australia Barat pada tahun 1979, menarik perhatian seluruh dunia.

Hugh Lewis, yang menon model puing-puing luar angkasa di Universitas Southampton, Inggris, mencatat bahwa lebih dari 60 tahun pesawat ruang angkasa telah meninggalkan warisan besar sampah di orbit. Tanggung jawab untuk sampah ini bertumpu pada beberapa negara, tetapi terutama Rusia dan AS.

"Perlu diingat bahwa ada sekitar 900 tahap roket orbital di orbit rendah Bumi, yang ditinggalkan oleh hampir setiap negara yang mampu diluncurkan dan dengan perintah massa gabungan atau besarannya lebih besar dari yang diharapkan untuk memasuki kembali atmosfer [akhir pekan] ini," dr Lewis memposting di Twitter.

Praktik modern sekarang menyerukan agar tahap roket diorbitkan sesegera mungkin setelah misi mereka. Dalam kasus segmen inti besar, ini biasanya akan langsung kembali, dalam satu orbit, jatuh ke laut atau di darat (perusahaan AS SpaceX sekarang secara propulsif mendaratkan tahap intinya sehingga mereka dapat digunakan lagi).

Untuk tahap atas yang masuk ke orbit dan dapat berkeliling dunia beberapa kali karena mereka secara tepat memposisikan muatan, preferensinya adalah memasukkan mesin yang dapat dinyalakan kembali yang dapat mengarahkan panggung ke pengembalian pada kesempatan paling awal.

Biasanya, ini akan berada di atas lautan - berpotensi di tempat terjauh dari daratan di Pasifik Selatan, antara Australia, Selandia Baru dan Amerika Selatan.

Lebih dari luas sekitar 1.500 km persegi (580 mil persegi) wilayah ini adalah kuburan populer elemen roket dan satelit yang tidak berfungsi, di mana sisa-sisa sekitar 260 misi diperkirakan tersebar di dasar laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.