3 Negara India Tutup Pintu Akibat COVID-19

Oleh Tommy Kurnia pada 06 Mei 2021, 20:54 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 11:12 WIB
Seruan Lockdown Nasional Saat Tsunami Corona India Semakin Mengerikan
Perbesar
Pemandangan pasar sepi dari udara selama penguncian atau lockdown di Srinagar tengah, Kashmir yang dikendalikan India, Rabu (5/5/2021). Pemerintah India menghadapi seruan lockdown nasional secara total untuk memperlambat gelombang besar infeksi virus corona. (AP Photo/Dar Yasin)

Liputan6.com, Delhi - Tiga negara tetangga India tutup pintu perbatasan akibat khawatir penyebaran COVID-19. Negara-negara itu adalah Nepal (utara), Bangladesh (selatan), dan Pakistan (barat).

Menurut laporan Channel News Asia, Kamis (6/5/2021), Sri Lanka menjadi yang terakhir menutup perbatasannya. Sebelumnya, Bangladesh dan Nepal sudah lebih dulu mengamankan perbatasan.

Tiga negara itu juga sedang mengalami fluktuasi COVID-19. Palang Merah Internasional menyebut hal itu sebagai "bencana kemanusiaan."

Sri Lanka melarang pesawat dari India, serta menjaga perbatasan laut untuk mencegah masuknya kapal India.

Angkatan Laut Sri Lanka berkata pihaknya telah meningkatkan patroli untuk menghalau kapal-kapal trawl dari India. Pada Selasa (4/5), terdapat 11 kapal yang berusaha menyeberangi laut di antara dua negara itu.

Bangladesh menutup semua penerbangan internasional pada 14 April karena lonjakan kasus di negara mereka sendiri. Perbatasan dengan india ditutup pada 26 April lalu.

Sementara, Nepal menyetop penerbangan pada pekan lalu hingga 14 Mei mendatang. Saat ini hanya dua pesawat per minggu yang boleh masuk untuk membawa pulang warga-warga mereka yang terjebak.

Rumah sakit di Nepal juga mulai dipenuhi pasien COVID-19. International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) menyebut kota selatan di Nepal yang berbatasan dengan India sudah kewalahan menghadapi kasus corona yang naik 57 kali lipat dibanding bulan lalu. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Total Infeksi COVID-19 di India Tembus 21 Juta

Seruan Lockdown Nasional Saat Tsunami Corona India Semakin Mengerikan
Perbesar
Pria tidur di pembatas jalan di salah satu sudut New Delhi ketika ibu kota India melanjutkan penguncian atau lockdown pada Rabu (5/5/2021). Pemerintah India menghadapi seruan lockdown nasional secara total untuk memperlambat gelombang besar infeksi virus corona. (TAUSEEF MUSTAFA/AFP)

Kasus harian COVID-19 di India kembali tembus 400 ribu. Total seluruh kasus di India mencapai 21 juta.

Menurut laporan Kementerian Kesehatan India, Kamis (6/5/2021), sebanyak 72,19 persen kasus berasal dari 10 negara bagian saja. Sama seperti sebelumnya, kasus terbanyak berasal dari Maharashtra. 

Beberapa bsgisn yang mencatat kasus tertinggi adalah Maharashtra, Kerala, Uttar Pradesh, Tamil Nadu, Delhi, dan Bengal Barat.

Kasus aktif di India berjumlah 3,5 juta kasus, atau 16,92 persen dari total kasus positif. Angka tertinggi berasal dari Maharashtra.

Kasus kematian harian sebanyak 3.980 pasien. Totalnya ada 230 ribu kematian tercatat karena COVID-19 di India.

3 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis Sinovac Belum Termasuk Vaksin Covid-19 Syarat Umrah. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Sinovac Belum Termasuk Vaksin Covid-19 Syarat Umrah. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓