Sukses

Atlet Angkat Besi Selandia Baru Ini Akan Jadi Transgender Pertama di Olimpiade

Atlet angkat besi asal Selandia Baru, Laurel Hubbard akan menjadi atlet transgender pertama yang berkompetisi di Olimpiade Tokyo.

Liputan6.com, Wellington - Atlet angkat besi asal Selandia Baru, Laurel Hubbard akan menjadi atlet transgender pertama yang berkompetisi di Olimpiade, yang akan digelar di Tokyo, Jepang.

Hubbard (43), yang lahir sebagai laki-laki dan kemudian mengubah gendernya menjadi perempuan di usia 30-an.

Pada Olimpiade Tokyo atlet Selandia Baru itu berencana mengikuti kategori perempuan +87kg. Saat ini, Hubbard berada di peringkat ke-16 dunia.

Hubbard sudah tercatat dalam buku sejarah setelah menjadi atlet transgender Commonwealth Games pertama di Gold Coast pada 2018 lalu, namun sayangnya ia harus mundur setelah menderita cedera siku yang hampir mengakhiri kariernya.

Sementara tim Selandia Baru belum disebutkan namanya, para pejabat mengatakan bahwa Hubbard kemungkinan memenuhi kriteria kualifikasi baru yang telah disederhanakan oleh Federasi Angkat Besi Internasional karena pandemi COVID-19.

"NZOC dapat mengonfirmasi bahwa sistem kualifikasi federasi internasional (IF) yang direvisi sangat mungkin melihat sejumlah atlet angkat besi Selandia Baru, termasuk atlet transgender Commonwealth Games Laurel Hubbard, mengalokasikan tempat kuota IF untuk Tokyo 2020," kata Komite Olimpiade Selandia Baru (NZOC), seperti dilansir AFP, Kamis (6/5/2021).

NZOC sangat mendukung hak Hubbard untuk bertanding, dan mengatakan semua atlet yang dipilih untuk Tokyo akan menerima dukungannya.

"Tim Selandia Baru memiliki budaya manaaki (kepedulian) yang kuat, inklusi, dan rasa hormat untuk semua," ujar NZOC.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan dalam Mendapat Kesempatan Berkompetisi

Di tengah perjuangannya untuk berkompetisi, Hubbard menghadapi sejumlah tantangan dalam dunia olahraga.

Federasi Angkat Besi Australia gagal mencoba melarang Hubbard mengikuti ajang olahraga di Gold Coast pada 2018.

Hubbard pada saat itu dilarang berpartisipasi karena memiliki keunggulan fisik dibandingkan atlet perempuan, terlepas dari kadar testosteronnya.

"Dalam pandangan kami yang terhormat, kriteria saat ini dan penerapannya berpotensi merendahkan atlet angkat besi perempuan dan mencegah mereka mengejar olahraga di tingkat elit di masa depan," kata pihak penyelenggara kompetisi tersebut.

Hubbard jarang memberikan wawancara tetapi mengatakan kepada Radio New Zealand pada 2017, bahwa dia hanya ingin berkompetisi dalam olahraga yang dia sukai dan mengesampingkan kritik.

"Jika saya mencoba dan mengambil beban itu, itu hanya membuatnya lebih sulit. Saya adalah diri saya yang sebenarnya," kata Hubbard.

"Saya tidak ingin mengubah dunia. Saya hanya ingin menjadi diri saya sendiri dan melakukan apa yang saya suka," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.