Sukses

7 Mei 1843: Remaja 14 Tahun Jadi Imigran Pertama Jepang di AS

Diadopsi oleh kapten kapal penangkapn ikan paus, Manjiro menjadi imigran Jepang pertama di AS.

Liputan6.com, Massachusetts - Seorang nelayan berusia 14 tahun bernama Manjiro tiba di Amerika Serikat (AS) pada 7 Mei 1843 menggunakan kapal penangkap ikan paus. Sejak itu, ia dianggap sebagai imigran Jepang pertama di AS.

Dikutip dari History, Kamis (6/5/2021), Manjiro dan kru kapalnya terdampar di pulau terpencil Jepang karena badai yang dahsyat selama lima bulan sebelum diselamatkan oleh kapal penangkap ikan paus AS.

Saat ditemukan, Manjiro diadopsi oleh Kapten William Whitfield, kapten dari kapal tersebut.

Ia kemudian dibawa pulang ke rumah Kapten Whitfield di  Massachusetts dan diberi nama baru -- John Mung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mei Menjadi Bulan Warisan Penduduk Amerika Asia dan Kepulauan Pasifik di AS

Sekitar 20 tahun kemudian pada 1860-an, sekelompok imigran Jepang mulai berdatangan di kepulauan Hawaii. Banyak dari kelopok tersebut bekerja di ladang tebu dan dari sana, sejumlah dari mereka pindah ke California, Washington, dan Oregon.

Dari tahun 1886 hingga 1911, Library of Congress menambahkan lebih dari 400.000 wanita dan pria Jepang yang berimigrasi ke AS -- khususnya ke Hawaii dan wilayah Pantai Barat.

Dalam rangka memperingati kedatangan awal Manjiro, Kongres AS pada tahun 1992 menetapkan Mei sebagai Bulan Warisan Penduduk Amerika Asia dan Kepulauan Pasifik.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.