Sukses

2 Sumur Minyak di Irak Jadi Target ISIS, 2 Petugas Keamanan Tewas

Dua sumur dan ladang minyak Bai Hassan jadi sasaran ledakan kelompok militan ISIS.

Liputan6.com, Kirkuk - Ladang minyak di Provinsi Kirkuk, Irak, diserang ISIS pada Rabu 5 Mei 2021. Insiden itu menewaskan dua anggota keamanan dan meledakkan dua sumur minyak, demikian menurut pernyataan pemerintah dan sumber keamanan provinsi tersebut.

"Militan ISIS meledakkan dua sumur minyak dan menyulut kebakaran di ladang minyak Bai Hassan yang terletak di daerah al-Dibis, sebelah barat laut ibu kota Provinsi Kirkuk, Kirkuk, sekitar 250 km sebelah utara ibu kota Baghdad," jelas pernyataan yang dirilis kantor media Kementerian Perminyakan Irak seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (6/5/2021). 

"Serangan itu menewaskan dan melukai beberapa pasukan keamanan," tambah pernyataan itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sejauh ini tim dan kendaraan pemadam kebakaran dari perusahaan North Oil Company Irak berhasil memadamkan kobaran api di satu sumur. Lalu masih berupaya untuk memadamkan kobaran api lainnya.

Sementara itu, Issam al-Bayati dari kepolisian provinsi itu mengatakan kepada Xinhua bahwa militan ISIS menyerang ladang minyak Bai Hassan saat fajar. Mereka juga terlibat bentrok dengan pasukan keamanan yang menjaga ladang minyak tersebut, lalu menewaskan dua di antaranya dan melukai tiga orang lainnya.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Berulang

Instalasi minyak dan pipa Irak telah berulang kali diserang oleh militan ISIS meskipun situasi keamanan di negara itu telah membaik sejak pemerintah Irak mengumumkan kekalahan penuh ISIS di seluruh negeri pada akhir 2017 lalu.

Sejak itu, para anggota ISIS yang tersisa membentuk kelompok di gurun dan daerah terjal, dan sering melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.