Sukses

Kaus Kaki Mudah Bolong? Ini Cara Ampuh Merawatnya

Kaus kaki memang mudah longgar dan berlubang dalam beberapa bulan. Tapi, Anda dapat memperpanjang umur kaus kaki Anda hanya dengan beberapa langkah sederhana berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Dari semua pakaian dalam yang dapat melar dan robek, kaus kaki merupakan salah satu yang paling rentan. Kaus kaki selalu bergesekan dengan sepatu, dapat terkena gesekan keras mesin cuci, dan terbuat dari bahan yang agak tipis.

Tidak jarang kita melihat lubang terbentuk di kaus kaki dalam rentang beberapa bulan.

Industri kaus kaki mungkin menghargai perputaran kaus kaki yang tinggi, tetapi tidak harus selalu seperti itu. Menurut Mental Floss, Rabu (5/5/2021), Anda dapat memperpanjang umur kaus kaki Anda hanya dengan beberapa langkah sederhana berikut. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cara Mencuci Kaus Kaki dengan Benar

Kerusakan kaus kaki dapat dimulai saat Anda membuang gumpalan kapas yang berbau ke dalam mesin cuci. Kaus kaki perlu ditangani dengan lembut selama siklus pencucian dengan air dingin.

Lebih penting lagi, mereka harus dikeringkan dengan udara, bukan dikeringkan dengan mesin, untuk memperpanjang kegunaannya. Pengering yang berulang kali dalam pengering dapat melemahkan elastisitas.

Anda juga dapat membalikkan kaus kaki Anda dari dalam ke luar sebelum mencuci untuk mencegah serat menumpuk di bagian luar.

Untuk mengeringkan, Anda juga dapat menggunakan rak kaus kaki yang dapat dibeli secara online.

3 dari 4 halaman

2. Jangan Gunakan Kaus Kaki Sebagai Alas

Jika Anda melepas sepatu saat tiba di rumah dan terus berjalan dengan kaus kaki, Anda memperparah masalah keausan kaus kaki Anda.

Kaus kaki dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan bantalan saat dikenakan di dalam sepasang sepatu. Mereka tidak dirancang untuk menjadi alas kaki. Jika Anda ingin berjalan-jalan di sekitar rumah, pilihlah kaus kaki anti selip yang terbuat dari bahan yang lebih tahan lama.

4 dari 4 halaman

3. Merawat Kaki Juga Sekaligus Merawat Kaus Kaki

Perhatikan bagaimana kaus kaki berlubang di sekitar jari kaki dan tumit. Tentu, itu adalah permukaan benturan, tapi juga tempat di mana perawatan kaki yang buruk dapat menghasilkan air mata. 

Kuku jari kaki yang terlalu besar atau tumit yang kasar dapat merusak kain. Jadi, cobalah untuk menjaga kuku Anda tetap rapi dan kulit Anda halus untuk mencegah gesekan.

Kaus kaki yang menawarkan bahan lebih tebal di sekitar area ini juga dapat membantu. Tetapi apapun jenis yang Anda beli, mempraktikkan tiga langkah di atas kemungkinan besar akan membuat Anda tidak perlu berbelanja kaus kaki setiap beberapa bulan.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.