Sukses

Hidangan Kontroversial Ikan Yin dan Yang, Disajikan Seolah Kepalanya Hidup

Meski telah dilarang, namun hidangan ikan Yin dan Yang ini kembali viral belakangan..

Liputan6.com, Taipei Dari ikan yang baunya seperti toilet umum, hingga keju sekeras batu dan bahkan pai isi kepala ikan, dunia ini penuh dengan makanan aneh, tetapi hanya sedikit hidangan yang dapat digambarkan sebagai benar-benar mengganggu. Hidangan ini adalah salah satunya dan langka. 

Adalah ikan "Yin dan Yang", merupakan hidangan kontroversial di mana tubuh ikan dimasak, sedangkan bagian kepala dijaga kesegarannya sehingga tetap dapat menggerakan mulut dan matanya saat sedang disantap.

Berdasarkan Odditycentral yang dikutip Rabu (5/5/2021), hidangan ini dikabarkan ditemukan pada awal tahun 2000-an, oleh seorang pemilik restoran di Kota Chiayi, Taiwan. Ikan Yin dan Yang, juga dikenal sebagai “ikan mati dan hidup”, jelas bukan sajian untuk orang yang lemah hati.

Sebab terdiri atas ikan utuh, biasanya ikan gurame yang badannya sudah dimasak dan dibumbui kuah, tetapi kepalanya tetap mentah sehingga mulut dan matanya tetap bergerak-gerak saat sedang dimakan.

Ikan Yin Yang mulai menjadi berita utama di China dan Taiwan pada tahun 2007, ketika foto dan video bertajuk "kelezatan" yang mengganggu mulai beredar di internet.

Tak lama kemudian, diketahui bahwa hidangan tersebut adalah hasil kreasi seorang koki Taiwan, yang telah mengembangkan teknik khusus memasak ikan dengan cukup cepat sehingga mulut dan mata kepalanya yang mentah masih bergerak-gerak saat disajikan.

 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meski Dilarang, Masih ada yang Menyajikan Hidangan Itu Sampai Sekarang

Pertama, sisik ikan hidup dibuang dengan hati-hati tanpa menyakitinya; Kemudian kepala ikan dibungkus handuk dengan es batu dan tubuhnya dicelupkan ke dalam wajan berisi minyak panas dan digoreng selama kurang lebih dua menit. Kemudian ikan itu dengan hati-hati diletakkan di atas piring besar, disiram dengan saus asam manis, dan disajikan kepada pengunjung.

Meskipun sang koki meyakinkan semua orang bahwa ikan itu tidak benar-benar hidup dan gerakan mulut serta matanya hanyalah kejang saraf yang tidak terkendali, video tersebut membuat marah aktivis hak-hak hewan dan masyarakat umum, dan hidangan ikan yin dan yang akhirnya dilarang. 

Tetapi hanya karena hidangan pengganggu itu dilarang di negara yang membuatnya, bukan berarti makanan itu hilang begitu saja. Ikan Yin dan Yang diadopsi di daratan China, di mana ia tampaknya masih disajikan sampai sekarang.

Pencarian cepat YouTube mengungkap beberapa video lama ikan Yin dan Yang saat orang-orang menusuknya dengan benda untuk melihat mulut dan insangnya bergerak. Bukti baru lain bahwa hidangan tersebut masih disajikan di restoran tertentu juga terkuak dari video TikTok yang diposting kembali pada bulan Maret, telah dilihat lebih dari 3 juta kali.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.