Sukses

Roket China Meluncur Tak Terkendali, Puingnya Dikhawatirkan Jatuh di New York atau Madrid

Roket yang diluncurkan China mengalami kecelakaan hingga sebagian puing badan roket jatuh.

Liputan6.com, Jakarta - Bagian dari roket besar yang meluncurkan modul pertama China untuk stasiun luar angkasa Tianhe jatuh kembali ke Bumi dan dapat masuk kembali tanpa terkendali di titik pendaratan yang tidak diketahui.

Inti roket Long March 5B setinggi 30 meter meluncurkan modul inti tak berawak "Harmoni Surgawi" ke orbit rendah Bumi pada 29 April dari Wenchang di provinsi Hainan China, menurut laporan The Guardian, Selasa (4/5/2021). 

Long March 5B kemudian dengan sendirinya memasuki orbit sementara, menyiapkan panggung untuk salah satu entri ulang terbesar yang tidak terkendali. Beberapa ahli khawatir itu bisa mendarat di daerah berpenghuni.

"Ini berpotensi tidak baik," kata Jonathan McDowell, Ahli Astrofisika di Pusat Astrofisika di Universitas Harvard.

"Terakhir kali mereka meluncurkan roket Long March 5B, mereka berakhir dengan batang logam besar yang panjang terbang melintasi langit dan merusak beberapa bangunan di Pantai Gading," katanya.

"Sebagian besar terbakar, tapi ada potongan logam yang sangat besar yang menghantam tanah. Kami sangat beruntung tidak ada yang terluka," ujarnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikhawatirkan Jatuh

Bagian inti mengorbit Bumi setiap 90 menit dengan kecepatan sekitar 27.600 km / jam dan ketinggian lebih dari 300 km. Militer AS menamakannya 2021-035B dan jalurnya dapat dilihat di situs web termasuk orbit.ing-now.com.

Sejak akhir pekan, ketinggiannya telah turun hampir 80 km dan SpaceNews melaporkan bahwa pengamatan amatir di darat menunjukkan itu jatuh dan tidak terkendali.

Kecepatan roket tidak memungkinkan ahli untuk memprediksi di mana ia akan mendarat ketika atmosfer Bumi akhirnya menyeretnya ke bawah, meskipun McDowell mengatakan kemungkinan besar ia akan jatuh ke laut, karena lautan menutupi sekitar 71% dari planet ini.

Tapi McDowell mengatakan beberapa potongan roket akan selamat masuk kembali dan akan menjadi "setara dengan kecelakaan pesawat kecil yang tersebar lebih dari 100 mil".

Sejak tahun 1990 tidak ada lebih dari 10 ton yang sengaja ditinggalkan di orbit untuk kembali tanpa terkendali. Tahap inti Long March 5B diperkirakan berbobot 21 ton.

"Yang buruk adalah itu benar-benar lalai di pihak China. Benda-benda yang beratnya lebih dari sepuluh ton tidak kami biarkan jatuh dari langit tanpa terkendali dengan sengaja," kata McDowell.

Berdasarkan orbitnya saat ini, roket tersebut melewati Bumi sejauh utara New York, Madrid dan Beijing dan sejauh selatan Chili dan Wellington, Selandia Baru, dan dapat jatuh kembali kapan saja di area ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Roket