Singapore International Foundation Ajak Jurnalis Asia Jadi Agen Perubahan Sosial

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 04 Mei 2021, 19:55 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 20:24 WIB
Singapore International Foundation (SIF) sukses menyelenggarakan Impact Media Fellowship edisi pertama di tahun 2021 (SIF)
Perbesar
Singapore International Foundation (SIF) sukses menyelenggarakan Impact Media Fellowship edisi pertama di tahun 2021 (SIF)

Liputan6.com, Jakarta - Singapore International Foundation (SIF) sukses menyelenggarakan Impact Media Fellowship edisi pertama di tahun 2021.

Program virtual ini bertujuan untuk membangun kapasitas dan mempromosikan pertukaran ide di antara para profesional media, penerbit dan penyiar yang ingin menggunakan platform mereka untuk jadi agen perubahan sosial.

Program tujuh minggu (9 Maret - 22 April 2021) berfokus pada pelatihan profesional dan berbagi pengetahuan melalui lokakarya, diskusi panel, dan pertukaran lintas budaya.

Program ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dan sumber daya untuk membayangkan dan memungkinkan perubahan sosial yang positif di komunitas mereka.

Empat belas jurnalis berasal dari enam negara yaitu; China, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Para jurnalis tersebut mewakili berbagai media publikasi antara lain Berita Harian (Singapore), Bisnis Indonesia (Indonesia), CNA (Singapore), CGTN (China), Guangdong Radio and Television (China), Inc42 Media (India), Kompas.com (Indonesia), Lianhe Zaobao (Singapore), Liputan6.com (Indonesia), New Straits Times (Malaysia), Thanh Nien (Vietnam), The Better India (India), The Logical Indian (India), and The Straits Times (Singapore).

Para jurnalis dinominasikan berdasarkan pengalaman dan semangat mereka dalam menangani isu-isu sosial dan lingkungan yang mendesak di negara asal dan luar negeri. Program dimoderatori oleh konsultan media dan mantan jurnalis Augustine Anthuvan, dimulai dengan sesi pengantar, di mana para peserta berbicara tentang pekerjaan mereka di bidang dampak sosial dan tantangan yang ingin mereka tangani pada tahun 2021.

Tantangan ini termasuk aksi iklim, memerangi berita palsu, dan memperluas dukungan untuk populasi yang rentan selama pandemi COVID-19.

 

2 dari 3 halaman

Jurnalis Liputan6.com Tommy Kurnia Rony Jadi Salah Satu Peserta

logo liputan6
Perbesar
liputan6

Salah satu peserta yang mewakili Indonesia yaitu Tommy Kurnia Rony, reporter Global Liputan6.com.

Menurut pria yang akrab dipanggil Tommy ini, SIF's Impact Media Fellowship merupakan wadah luar biasa yang diisi oleh pakar kompeten di bidangnya.

"Saya benar-benar mengapresiasi atas kesempatan untuk menjadi bagian dari SIF's Impact Media Fellowship. Ini menjadi perjalanan belajar yang luar biasa," kata jurnalis yang juga punya latar belakang terkait isu teknologi dan ekonomi-bisnis ini.

"Saya sangat menikmati sesi mis- and dis-information. Itu merupakan pelajaran dan sumber daya yang dibagikan oleh para pembicara dan akan sangat berguna bagi saya dan tim redaksi untuk masa mendatang."

Singapore International Foundation punya visi menciptakan dunia yang lebih baik. SIF membangun hubungan antara warga Singapura dan komunitas dunia serta memanfaatkan jaringan untuk memperkaya pandangan hidup dan mempengaruhi perubahan positif.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓