Dalam Rangka Hari Eropa, Dubes Italia Buka Tanya Jawab ke Publik

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2021, 19:56 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 19:56 WIB
Hari Eropa
Perbesar
Hari Eropa (Instagram/@uni_eropa)

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa menyelenggarakan berbagai kegiatan dari 1 Mei hingga 9 Mei 2021 yang dapat dinikmati oleh segala usia secara virtual melalui website dan sejumlah akun media sosial UE.

Salah satu kegiatan tersebut adalah 'Ask the Ambassador' di mana setiap harinya pada jam 10:00 WIB peserta dapat menanyakan apa pun kepada duta besar sejumlah negara Eropa di Indonesia.

Pada Selasa (4/5/2021), kegiatan tersebut dihadiri oleh Duta Besar (Dubes) Italia Benedetto Latteri.

"Saya sedikit tersanjung dengan undangan untuk berbicara dengan publik secara terbuka dan saya siap menjawab pertanyaan," ucap Latteri dalam pernyataan pembukanya.

2 dari 3 halaman

Selain Menjawab Pertanyaan, Latteri Juga Bagi Hadiah

Ilustrasi bendera Italia (AFP/Marco Bertorello)
Perbesar
Ilustrasi bendera Italia (AFP/Marco Bertorello)

Dari pertanyaan mengenai musik hingga apa arti Hari Eropa untuknya, Dubes Latteri menjawab semua pertanyaan dari publik.

"Kakek saya bertempur selama perang dunia kedua," mulainya saat menjelaskan mengapa Hari Eropa penting untuk dirinya secara pribadi. "Kakek saya nenek saya ketika saya masih bayi mereka selalu mengingatkan saya sejarah pribadi mereka selama perang dalam sejarah."

"Ibuku saat itu masih sangat muda, tapi dia tentu saja mengikuti kakek dan nenekku -- dia juga mengingatkan saya tentang sejarah perang."

"Jadi saya menderita dampak pribadi karena perang," katanya.

9 Mei merupakan hari di mana Eropa memperingati 'deklarasi Schuman'. Sebuah proposal pemerintah yang menyelesaikan perang dengan rezim totalitarian.

Tidak hanya menjawab pertanyaan, Latteri juga siapkan quiz yang dapat dijawab oleh peserta yang dapat di jawab melalui website atau aplikasi Kahoot!

Pemenang dari quiz tersebut akan mendapatkan goody bag dari lembaga UE untuk Indonesia.

Untuk menyaksikan kegiatan lainnya kunjungi website atau akun Instagram @uni_eropa setiap harinya sampai tanggal 9 Mei agar tidak kelewatan. 

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19
Perbesar
Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓