Sukses

Otoritas China Hapus Konten Medsos yang Ejek Tsunami COVID-19 di India

Gambar di media sosial yang diposting oleh dua akun resmi pemerintah China telah menuai teguran karena tampak mengejek pertempuran dahsyat India dengan COVID-19.

Liputan6.com, Beijing - Gambar di media sosial yang diposting oleh dua akun resmi pemerintah China telah menuai teguran karena tampak mengejek pertempuran dahsyat India dengan COVID-19.

Berdasarkan laporan Business Insider, yang dilansir pada Selasa (4/5), beberapa laporan online menilai postingan tersebut tampak mengejek pertempuran dahsyat India dengan Covid-19.

Sebuah akun yang terkait dengan Partai Komunis yang berkuasa memposting gambar pada hari Sabtu yang membandingkan peluncuran modul Tianhe yang berhasil di negara itu ke luar angkasa dengan garis pembakaran kremasi di India.

Gambar, yang diposting oleh Komisi Urusan Politik dan Hukum Pusat pemerintah di akun Weibo-nya.

Menurut CNN, postingan itu membawa tagar yang mencatat kasus virus corona di India telah mencapai 400.000 per hari. Beberapa akun pemerintah lainnya yang dijalankan oleh polisi dan lembaga penegak hukum juga membagikan gambar itu.

Akun resmi Kementerian Keamanan Publik China memposting gambar terpisah yang membandingkan "gunung dewa api" di negara itu - nama rumah sakit darurat yang dibangun untuk memerangi COVID-19 di Wuhan - dengan kremasi massal lainnya di India, menurut Bloomberg. 

Beberapa pengguna media sosial dilaporkan berkomentar mengatakan posting itu "bermasalah secara moral."

Kedua postingan tersebut dihapus setelah banyak pengguna Weibo China mengungkapkan kemarahan atas ketidakpekaan tersebut.

 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seharusnya Menunjukkan Simpati, Bukannya Mengejek

Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times yang didukung Partai Komunis juga mengecam langkah tersebut, dengan mengatakan, "Menurut saya tidak pantas untuk akun media sosial dari lembaga resmi China tertentu atau kekuatan berpengaruh lainnya untuk mengejek India saat ini."

Mereka seharusnya "menjunjung tinggi panji-panji kemanusiaan saat ini, menunjukkan simpati untuk India, dan dengan tegas menempatkan masyarakat China pada landasan moral yang tinggi," katanya.

Sentimen nasionalis telah meningkat tinggi di kedua negara ketika dua kekuatan dunia itu memperebutkan perbatasan yang disengketakan sepanjang 2.100 mil di wilayah Himalaya. 

Beberapa orang melihat pertempuran virus Corona yang intens di India sebagai kesempatan bagi China untuk meredakan ketegangan dengan tetangganya. 

"Kami berharap semua orang memberi perhatian pada pemerintah China dan opini publik arus utama yang mendukung perjuangan India melawan epidemi," kata juru bicara kementerian luar negeri China kepada Bloomberg dalam menanggapi penghapusan postingan tersebut.

Presiden Xi Jinping baru-baru ini mengirimkan pesan belasungkawa kepada Perdana Menteri Narendra Modi, menawarkan bantuan untuk membantu negara mengatasi kekurangan oksigen dan pasokan penting lainnya.  

Seorang juru bicara kementerian luar negeri, Wang Wenbin, mengatakan kepada Bloomberg, pada Jumat (30/4), bahwa Palang Merah China, pemerintah lokal, LSM, dan perusahaan China berusaha untuk mengumpulkan pasokan terkait pandemi dan mengirimkannya ke India "secepat mungkin."

India melaporkan lebih dari 300.000 kasus COVID-19 baru selama dua belas hari berturut-turut pada hari Senin, menjadikan total beban kasusnya melewati angka 20 juta. Kematian meningkat 3.417 menjadi lebih dari 215.000, tetapi para ahli medis yakin jumlahnya bisa lima hingga 10 kali lebih tinggi dari penghitungan resmi.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.