Sukses

Inggris Kirim Bantuan 1.000 Ventilator ke India Untuk Tangani COVID-19

Inggris mengirim bantuan medis berupa ventilator ke India untuk menangani kasus COVID-19 yang semakin parah.

Liputan6.com, New Delhi - Inggris akan mengirim 1.000 ventilator lagi ke India, kata pemerintah pada Minggu (2/5), meningkatkan dukungannya ketika sistem perawatan kesehatan India berjuang untuk mengatasi lonjakan besar kasus COVID-19.

India telah melaporkan lebih dari 300.000 kasus harian selama lebih dari 10 hari berturut-turut hingga membuat rumah sakit, kamar mayat, dan krematorium kewalahan.

Pemerintah Inggris sebelumnya telah menyetujui untuk mengirimkan alat kesehatan, termasuk ventilator dan konsentrator oksigen.

"Dukungan ini akan segera membantu memenuhi beberapa kebutuhan akut India, terutama oksigen untuk pasien," kata Menteri Luar Negeri Dominic Raab dalam sebuah pernyataan. 

"Kami bertekad untuk membantu teman-teman India kami di saat mereka membutuhkan."

Pejabat tinggi kesehatan Inggris juga telah berbicara dengan rekan mereka di India untuk menawarkan nasihat.

Negara lain, termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Pakistan, juga memberikan dukungan karena jumlah infeksi setiap hari di India mencapai 392.488, dengan total kematian lebih dari 215.000.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Eratkan Hubungan Bilateral

Dukungan terbaru dari Inggris datang menjelang panggilan antara perdana menteri Boris Johnson dan Narendra Modi, yang dijadwalkan pada Selasa (4/5), yang akan memperdalam hubungan bilateral.

Pertemuan tersebut menggantikan kunjungan langsung yang dijadwalkan Johnson pada bulan April, tetapi harus dibatalkan karena lonjakan infeksi.

Pemerintah Modi enggan memberlakukan kuncian nasional, tetapi hampir 10 negara bagian dan wilayah persatuan India telah memberlakukan beberapa bentuk pembatasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.