Tak Gelar Open House Lebaran, KBRI Tokyo Ajak WNI di Jepang Bersilaturahmi Virtual

Oleh Liputan6.com pada 03 Mei 2021, 15:56 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 15:56 WIB
Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo. Foto dok KBRI Tokyo
Perbesar
Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo. Foto dok KBRI Tokyo

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo kembal tidak menyelenggarakan sholat Idul Fitri dan Open House untuk umum pada hari raya Lebaran 2021. Keputusan ini sama seperti pada Lebaran 2020 karena alasan pandemi COVID-19.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi memastikan, kebijakan ini diterapkan untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. Khususnya memyangkut keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) di Jepang.

"Kita akan selenggarakan silaturahmi secara daring pada saat Lebaran nanti dengan seluruh WNI dan diaspora Indonesia di Jepang. Keselamatan dan perlindungan WNI adalah prioritas saya," tegas Heri.

Silaturahmi secara virtual pada saat momen Idul Fitri 1442 Hijriah dengan WNI nanti akan diumumkan KBRI Tokyo. "Mohon kawan-kawan pantau terus media sosial KBRI Tokyo di Instagram.com/kbritokyo untuk info dan tautan silaturahim daringnya," imbau Heri.

 

 
2 dari 4 halaman

WNI Dilarang Mudik

Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi
Perbesar
Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi. (KBRI Tokyo)

KBRI Tokyo akan bekerja sama dengan simpul-simpul masyarakat seperti Keluarga Masyarakat Islam Indonesia Jepang, Indonesian Community in Japan (ICJ), dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Jepang untuk memastikan silaturahmi daring dapat menjangkau WNI dan diaspora Indonesia di seluruh penjuru Jepang.

Kepada WNI di Jepang, KBRI Tokyo juga mengingatkan kembali larangan mudik selama lebaran. Dubes Heri Akhmadi beberapa waktu lalu mengimbau agar WNI di Jepang menunda rencana kepulangan ke tanah air mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Hal ini merujuk surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 tahun 2021.

"Kami serukan dan memohon dengan hormat agar seluruh WNI di Jepang dapat memperhatikan permintaan dan seruan dari Pemerintah Pusat. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bersama sebaiknya kita melepas rindu secara online dan berdoa untuk kesehatan dan keselamatan kita semuanya," ungkap Dubes Heri Akhmadi.

3 dari 4 halaman

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang
Perbesar
Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓