Sukses

China, Jepang dan Korsel Sepakat Dukung Pemulihan Ekonomi Pasca-Pandemi COVID-19

China, Jepang dan Korsel berjanji untuk mendukung pemulihan pasca pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Tokyo - Menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari China, Jepang dan Korea Selatan pada Senin (3/5) berjanji akan mengambil langkah-langkah yang "ditargetkan" untuk negara-negara yang paling terkena dampak pandemi COVID-19, dan berkomitmen untuk mendorong stabilitas fiskal dan keuangan.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan virtual yang diadakan di sela-sela pertemuan tahunan Bank Pembangunan Asia (ADB), para menteri berjanji untuk mencapai pemulihan yang inklusif, menjaga kesinambungan fiskal jangka panjang dan menjaga stabilitas keuangan. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Senin (3/5/2021). 

Tanggapan terhadap krisis virus corona, cakupan kesehatan universal, perubahan iklim, infrastruktur berkualitas tinggi dan transparansi utang serta keberlanjutan di Asia yang sedang berkembang diharapkan menjadi agenda utama pada pertemuan ADB.

"Prospek kawasan telah membaik, dengan dukungan kebijakan yang berkelanjutan dan cakupan vaksin yang terus meningkat," kata para pemimpin keuangan dari tiga negara tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Namun, kami harus tetap waspada karena pemulihan ekonomi tidak merata di seluruh dan di dalam negara anggota, tidak pasti dan tunduk pada risiko penurunan yang tinggi."

Tiga negara yang menjadi kekuatan ekonomi Asia itu juga mengatakan mereka akan menjajaki inisiatif baru untuk memperkuat jaring pengaman keuangan regional ASEAN Plus Tiga pada pertemuan virtual dengan 10 anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Kerja Sama Multilateral

Pada pertemuan virtual terakhir mereka pada bulan September, para kepala keuangan dari Jepang, Korea Selatan, China dan ASEAN - sebuah kelompok yang dikenal sebagai ASEAN Plus Three - berjanji untuk mendorong Multilateralisasi Prakarsa Chiang Mai (CMIM).

CMIM memainkan peran penting dalam mendukung stabilitas keuangan regional dengan memungkinkan negara anggota, termasuk ASEAN Plus Three dan Hong Kong, untuk memanfaatkan jalur pertukaran mata uang.

Pada hari Senin, ketiga pihak menyebutkan meningkatnya kebutuhan untuk menanggapi tantangan struktural dan implikasinya yang mendalam terhadap stabilitas ekonomi dan keuangan kawasan.

Mereka juga menggarisbawahi komitmen mereka untuk mendukung perdagangan dan investasi multilateral yang terbuka dan berbasis aturan di wilayah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.