Sukses

Partai PM Modi Kalah di Bengal Barat, Efek Kegagalan Pemerintah India Atasi COVID-19?

Partai PM India Narendra Modi gagal memenangkan suara pemilu di Benggala Barat.

Liputan6.com, Kolkata - Partai Perdana Menteri India Narendra Modi gagal memenangkan suara pemilu di negara bagian utama dalam pemilihan yang diadakan di tengah rekor kematian dan kasus COVID-19.

BJP sangat menargetkan Benggala Barat selama kampanye, tetapi kini kembali dipegang oleh petahana, Mamata Banerjee, seorang kritikus Modi.

Mengutip BBC, Senin (3/5/2021), Modi dituduh fokus pada jajak pendapat daripada pandemi.

Pemilu juga berlangsung di negara bagian Assam, Tamil Nadu dan Kerala serta wilayah Puducherry.

Partai itu memegang kekuasaan di negara bagian Assam di timur laut, tetapi gagal memperoleh keuntungan besar di tempat lain.

Selama 10 hari berturut-turut, kasus harian di negara itu telah mencapai 300.000. 

Pada Minggu (2/5), India mencetak rekor baru untuk kematian harian, dengan 3.689 kematian yang tercatat. 

Rumah sakit di sana pun menghadapi kekurangan tempat tidur dan oksigen medis yang parah, dengan banyak orang India mengungkapkan keputusasaan mereka di media sosial untuk mendapatkan bantuan.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Tangani Pandemi COVID-19

Kegagalan demonstrasi kampanye dan pemungutan suara akibat lonjakan kasus COVID-19.

Modi dan menteri dalam negerinya membuat lusinan pidato di Benggala Barat dan dituduh fokus pada pemungutan suara daripada pandemi.

Dengan hampir semua hasil dihitung, Partai Kongres Trinamool (TMC) yang dipimpin oleh Menteri Utama negara bagian Mamata Banerjee telah memenangkan lebih dari 200 kursi dalam 294 kursi majelis.

Hasilnya ditetapkan untuk menjadikan Banerjee pemimpin Bengal Barat untuk ketiga kalinya. Dia juga satu-satunya menteri utama wanita di India.

Merayakan kemenangan itu, dia mengatakan Bengal Barat telah "menyelamatkan" India dengan hasil tersebut dan menangani Covid-19 akan menjadi prioritas pertamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.