Sukses

Kemlu RI: Indonesia Dorong Penguatan Diplomasi Ekonomi ke Bangladesh

Indonesia mendorong penguatan diplomasi ekonomi ke Bangladesh. Simak selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI telah melakukan Pertemuan Pertama Konsultasi Bilateral (Foreign Office Consultation/FOC) IndonesiaBangladesh secara virtual pada 29 April 2021.

Pertemuan itu dipimpin oleh Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Duta Besar Abdul Kadir Jailani bersama dengan Duta Besar Masud Bin Momen, Foreign Secretary Kemlu Bangladesh.

Dalam pertemuan tersebut, FOC sepakat untuk mendorong penyelesaian Indonesia - Bangladesh Preferential Trade Agreement (PTA) dan peningkatan kerja sama ekonomi, serta potensi kerja sama industri halal, kesehatan, farmasi dan pertahanan, sekaligus proses penguatan kerja sama di sektor energi dan infrastruktur, serta industri strategis lainnya. 

Pertemuan mencatat persetujuan Bangladesh pada April 2021 baru-baru ini untuk pembukaan slot penerbangan langsung rute Medan – Dhaka kepada Lion Air.

Pemanfaatan jalur penerbangan langsung ini juga diharapkan bisa mendorong bisnis dan pariwisata setelah situasi memungkinkan, dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Kesepakatan dibuat oleh kedua pimpinan, yaitu untuk peringati komemorasi 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada tahun 2022 sebagai refleksi hubungan bilateral yang sangat baik sekaligus sebagai puncak waktu dalam mengejar berbagai kesepakatan dan program kerja konkrit Indonesia - Bangladesh khususnya di bidang diplomasi ekonomi sekaligus rencana peluncuran Cultural Exchange Program Indonesia - Bangladesh, demikian seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Minggu (2/4/2021).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penandatanganan MoU Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Diplomastik

Adapun kesepakatan penting lain yang dihasilkan, yaitu penandatanganan MoU kerja sama peningkatan kapasitas diplomastik RI-Bangladesh antara Pusdiklat Kemlu RI dan Foreign Service Academy Bangladesh.

FOC telah membahas 8 draft MoU di berbagai bidang yg disepakati untuk dapat secepatnya diselesaikan.

Selain itu, kedua pihak juga membahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, khususnya dukungan Indonesia dan ASEAN dalam masalah pengungsi Rohingya, pertukaran best practices dalam penanganan dampak pandemi COVID-19, dan penguatan kerja sama dalam berbagai forum internasional. 

Kerja sama kedua negara, selama 49 tahun terjalinnya hubungan diplomatik terfokus pada penguatan serta peningkatan diplomasi ekonomi.

Bangladesh merupakan mitra dagang penyumbang surplus kedua terbesar Indonesia di kawasan Asia Selatan setelah India, kata Kemlu RI.

Neraca perdagangan kedua negara dalam 5 tahun terakhir rata-rata mencapai USD 1,5 miliar. Bahkan, di tengah pandemi mencapai surplus USD 1,6 miliar dengan nilai perdagangan sebesar USD 1,76 miliar dimana minyak kelapa sawit sebagai komoditas ekspor utama RI ke Bangladesh.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.