Sukses

5 Tips Agar Rumah Anda Bebas dari Pencuri

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rumah dari pencuri.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang ingin mengalami perampokan dalam rumah. Selain merugikan, hal tersebut juga dapat membuat trauma karena tempat yang selama ini dianggap aman ternyata dapat dibobol oleh penjahat.

Namun, jangan khawatir. Dikutip dari Bright Side, Jumat (30/4/2021), berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rumah dari pencuri:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jangan Posting di Media Sosial

Walau sudah terbiasa membagi kehidupan kita di media sosial, memposting lokasi Anda adalah sesuatu yang berbahaya -- terutama jika akun Anda tidak dikunci.

Pencuri yang melihat posting tersebut untuk memantau keberadaan Anda.

Jangan bagikan rutinitas sehari-hari Anda juga di media sosial karena pencuri akan mengetahui kapan mereka mempunyai akses ke rumah Anda.

2. Parkir Mobil di Jalan

Ilustrasi menyetir mobil | pixabay.com

Jika berencana untuk pergi selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, jalanan yang kosong dapat menjadi undangan terbuka bagi pencuri untuk masuk ke rumah Anda.

Pertimbangkan untuk meminta tetangga memarkir mobil mereka di parkiran Anda agar rumah tidak terlihat kosong.

Minta anggota keluarga untuk mampir ke rumah juga setiap dua hari sekali.

3 dari 4 halaman

3. Ganti Ukuran Nomor Rumah

Pencuri biasanya memilih rumah yang alamatnya tidak mudah ditemukan. Itulah mengapa sangat berguna jika Anda mengganti nomor rumah dengan ukuran besar.

Dalam keadaan darurat, polisi juga akan lebih mudah mengidentifikasi rumah Anda.

4. Tombol Panik

Ilustrasi Panggilan Credit: pexels.com/Oleg

Jika seorang penyusup datang ke rumah saat Anda berada di dalam, tombol panik akan memberi tahu polisi atau pihak keamanan lainnya bahwa Anda sedang dalam bahaya tanpa sepengetahuan penyusup.

5. Kenali Tetangga Anda

Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/pixabay

Perampokan jarang terjadi dalam komunitas kecil dan padat. Alasan dari hal itu adalah karena jika setiap orang mengenal dan memang peduli dengan kesejahteraan tetangganya, mereka akan mengawasi orang-orang mencurigakan yang datang saat Anda pergi.

 

Reporter: Paquita Gadin

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: 3 Ketentuan Mudik Lebaran 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.