Sukses

5 Sikap Buruk Terselubung yang Jarang Diketahui oleh Orang-Orang

Mengidentifikasi pengaruh buruk atau toxic dalam hidup kita dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang dari waktu ke waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Kita berada dalam periode waktu di mana banyak hal menjadi glamor, terutama di media sosial. Orang dan situasi tertentu dalam hidup dapat membuat kita merasa buruk tentang diri sendiri atau menyebabkan kita terlibat dalam perilaku yang merusak. 

Mengidentifikasi pengaruh buruk atau toxic dalam hidup dan mengambil langkah untuk membuat batasan atau kehidupan tanpanya, dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik seseorang dari waktu ke waktu.

Melansir Bright Side, inilah penjelasan kebenaran di balik hal-hal tersebut dan mungkin mendorong percakapan yang lebih menarik.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menggunakan Kejujuran sebagai Kedok untuk Bersikap Kasar

Orang sering kali mencoba untuk berpura-pura bersikap kasar dan tidak sensitif kepada orang lain serta "berterus terang".

Anda bisa jujur ​​dan tetap bijaksana, tetapi orang-orang ini sepertinya tidak pernah tahu itu. Keterampilan taktis, kebijaksanaan, dan berpikir kritis adalah ciri-ciri yang harus Anda perjuangkan.

Juga gagasan "menyebutnya seperti yang saya lihat" sering kali merupakan penutup terselubung untuk "Saya senang mengatakan hal-hal yang kejam dan penuh kebencian karena saya sangat membutuhkan perhatian."

3 dari 6 halaman

2. Terlalu Meng-Idealisasi Masa Muda

Meskipun tahun-tahun awal kehidupan kita mungkin yang paling penting - seperti ketika kita tumbuh dewasa, belajar tentang banyak hal baru, dan mencari siapa kita sebagai manusia - masyarakat mendorong gagasan bahwa hidup Anda tidak akan pernah lebih menarik setelah masa-masa muda tersebut. 

Tapi kehidupan jelas terus berjalan setelah usia 30-an dan 40-an, dan yang mengejutkan, bahkan lebih jauh lagi. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang menemukan tahun-tahun terakhir mereka lebih baik dalam hal kebahagiaan dan kesejahteraan psikologis. Dan orang-orang yang berusia 65 hingga 74 tahun dilaporkan bersenang-senang lebih banyak daripada kelompok usia lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Obsesi dengan Hubungan

Masyarakat dan media sosial selalu mendorong seseorang untuk menjalin hubungan dan tidak sendirian.

Orang pada umumnya menyukai film romantis, pergi kencan, dan mendengar cerita-cerita kecil yang lucu tentang orang-orang yang jatuh cinta, dan tidak suka melajang dan merasa kesepian karenanya. Obsesi ini mendorong gagasan bahwa menjadi lajang adalah kesalahan atau kegagalan Anda, padahal sebenarnya tidak.

Lagi pula, satu-satunya orang dengan Anda sampai akhir hari adalah diri Anda sendiri.

5 dari 6 halaman

4. Menjalani Gaya Hidup Influencer

Selebritas dan blogger sering kali menampilkan kehidupan mereka dengan cara yang paling sempurna, seperti dengan foto-foto Instagram tentang sarapan yang sempurna, rutinitas pagi yang sempurna bersama anak-anak, dan sedikit makan siang yang dikemas ke dalam kotak bento dengan apel berbentuk hati. 

Mereka sering kali memiliki rambut dan riasan yang sempurna, dan kemana pun mereka pergi, pakaian mereka juga sempurna. Mereka memiliki kehidupan yang menarik, penuh dengan perjalanan dan operasi foto yang luar biasa.

Namun, itu semua belum tentu benar dan kita semua tahu itu. Instagram hanya menunjukkan kepada kita momen tercantik dan dipentaskan. 

Namun demikian, secara tidak sadar kita ingin memiliki apa yang mereka miliki dan mencoba menyesuaikan gaya hidup kita sendiri ke dalam kerangka yang sama. Kita gagal karena kita bukan seleb dan tidak memiliki sumber daya yang mereka miliki, dan semuanya berakhir dengan frustrasi dan kesedihan.

6 dari 6 halaman

5. Keras Kepala

Orang yang keras kepala pasti bisa mencapai lebih banyak hal. Tetapi pada saat yang sama, sikap keras kepala adalah sisi buruk dari ketekunan. 

Berpegang teguh pada saat Anda jelas-jelas salah bukanlah hal yang baik, juga tidak menolak untuk mengalah pada posisi Anda sehingga semua orang harus bernegosiasi di sekitar Anda.

Berkenaan dengan hubungan, kita sering melihat film di mana pelamar yang pantang menyerah (dan tidak diinginkan) mendapatkan gadis itu pada akhirnya berkat kekeraskepalaannya. Tetapi di luar film, pria itu akan terlihat lebih seperti penguntit yang tidak bisa menerima jawaban "tidak", dan tindakannya tidak akan tampak romantis dan berbakti, melainkan, sebagai rayuan yang menyeramkan dan pelecehan di perbatasan.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.